Agar Tidak Tertipu, Ini Beda Tiga Jenis Perumahan

Agar tidak tertipu, berikut informasi tentang perbedaan antara tiga jenis perumahan

Agar Tidak Tertipu, Ini Beda Tiga Jenis Perumahan
tribunjateng/dok
PAMERAN PERUMAHAN 

TRIBUNJATENG, JAKARTA - Ada tiga jenis perumahan yang popular berkembang di Indonesia, di antaranya adalah Town House, Cluster dan Kuldesak. Perbedaan jenis ini tentu saja juga memengaruhi tipe dan jenis rumah yang ditawarkan.

Meski sebenarnya memiliki perbedaan yang mendasar, namun masyarakat kerap bingung membedakan ketiga konsep tersebut. Lantaran, pengembang cuma sekadar menggunakan nama tersebut tanpa mengindahkan syarat yang membedakan ketiganya.

Agar tidak tertipu, berikut informasi tentang perbedaan antara Town House, Cluster dan Kuldesak.

1. Town House

Pada negara-negara seperti Eropa dan Amerika, jenis ini populer dan banyak digunakan untuk deret rumah yang menempel dan memiliki tipe sama (kopel). Karena alasan tersebut, Town House juga kerap dikenal sebagai apartemen horizontal.

Sementara di Indonesia, town house umumnya berada di pusat kota dengan bentuk dan jenis yang serupa. Fasilitas umum dan sosial juga biasa dimiliki oleh perumahan bertajuk Town House ini. Uniknya, jumlah unit pada Town House tidak begitu banyak.

2. Cluster

Cluster merupakan perumahan yang terbagi atas beberapa sub kompleks, misalnya perumahan berjenis cluster Union, memiliki subs kompleks A, B, C, dan seterusnya. Dengan tipe rumah yang sama, sub kompleks tersebut memiliki fasilitasnya masing-masing. Dan tentu saja di dalam cluster juga memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan oleh seluruh penghuni.

Karena merupakan perumahan berskala cukup besar, tentu saja cluster memiliki jumlah unit yang relatif banyak. Bahkan bisa mencapai ratusan rumah dengan pintu gerbang yang hanya satu ataupun dua saja.

3. Kuldesak

Lebih luas dan besar dibanding dari cluster, kuldesak memiliki ragam dan variasi jenis rumah. Fasilitas yang disuguhkan pun umumnya bisa digunakan secara bebas oleh semua penghuni. Dengan gaya arsitektur yang cukup unik, kuldesak cenderung lebih elit dibanding dua jenis perumahan lainnya.

Hanya saja, karena kerap dihuni oleh kalangan borjuis, perumahan ini cenderung sepi. Namun memiliki pagar dan sistem pengamanan yang lebih ketat. (KONTAN)

Editor: galih pujo asmoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved