Petugas Rutan Solo Ingin Ratusan Tahanannya Dipindah ke Nusakambangan

Alasan tahanan asal Rutan Solo dipindah ke Lapas Nusakambangan karena selama didalam Rutan, para tahanan ini susah diatur dan sering membuat keributan

Petugas Rutan Solo Ingin Ratusan Tahanannya Dipindah ke Nusakambangan
tribunjateng/suharno
Rutan Solo 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Kepala Pengamanan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1A Solo, Urip Dharma Yoga, mengatakan sedikitnya 100 tahanan yang berada di tempatnya layak dipindah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap.

Menurutnya, alasan tahanan asal Rutan Solo dipindah ke Lapas Nusakambangan karena selama didalam Rutan, para tahanan ini susah diatur dan sering membuat keributan sesama penghuni Rutan.

"Dari catatan kami sedikitnya ada 100 orang yang sering membuat keributan dan rata-rata mereka memiliki masa hukuman di atas enam tahun," ujar Yoga, Rabu (16/3/2016).

Yoga menambahkan hingga kini sudah ada sekitar 10 tahanan asal Rutan Kelas 1A Solo yang dipindahkan ke Lapas Nusakambangan sejak pekan lalu.

Menurutnya, pihak Rutan Solo sudah melakukan tindakan terhadap para tahanan yang sering membuat gaduh dengan hukuman displin. Namun, sejumlah tahanan ini kerap kali tidak jera meski telah mendapat hukuman.

"Pengiriman ini supaya para tahanan yang kerap membuat keributan merasa jera untuk tidak membuat keributan di Rutan hingga jera untuk tidak melakukan tindak kriminalitas lagi," sambungnya.

Berdasarkan data yang ada, saat ini Rutan Kelas 1A Solo, menampung 524 orang yang terdiri atas 300 orang berstatus narapidana dan 224 berstatus tahanan. (*)

Penulis: suharno
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved