Ribuan Anak RA di Brebes Besok 'Berangkat' Haji

Sebanyak 7.420 anak Raudlatul Athfal (RA) VI 2016, se-Kabupaten Brebes Kamis (24/3/16) 'diberangkatkan' menunaikan ibadah haji

Ribuan Anak RA di Brebes Besok 'Berangkat' Haji
tribunjateng/puthut dwi putranto
Ilustrasi 

Lapiran Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Sebanyak 7.420 anak Raudlatul Athfal (RA) VI 2016, se-Kabupaten Brebes Kamis (24/3/16) 'diberangkatkan' menunaikan ibadah haji ke Islamic Center Brebes.

Mereka bakal melakukan manasik haji dengan dilatih peragaan pelaksanaan Ibadah Haji sesuai dengan rukun dan syarat syahnya ibadah haji.

"Besok (24/3), anak-anak RA se-Kabupaten Brebes akan menjalani ketrampilan Manasik Haji," ujar Ketua Panitia, Robihun, Rabu (23/3/16).

Dalam kegiatan manasik haji, lanjutnya, peserta didik akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya ibadah haji , persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji.

Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa'i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya.

"Kami mengemas dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci yang sesungguhnya," kata Robihun yang juga Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes.

Kegiatan yang mengambil tema Manasik Haji, Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini bertujuan untuk memberikan pengalaman serta pembelajaran dengan cara praktek langsung tentang ibadah haji dan umrah kepada peserta didik Raudhatul Athfal se-kabupaten Brebes.

Peserta diberangkatkan dari RA masing-masing dan akan tiba di Islamic Center pada Kamis Pon, (24/3) pukul 08.00. Sebanyak 7.420 Anak berangkat dengan mengggunakan kendaraan masing-masing didampingi 7.420 orang tuanya masing.

"Mereka di bina oleh 976 guru pembimbing,"imbuhnya.

Untuk menghindari macet, maka kendaraan peserta diberlakukan satu arah ke utara di Jalan Yos Sudarso mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. Kendaraan bisa keluar ke arah timur melalui jalan KH Hasyim Asyari atau ke barat jalan KH Ahmad Dahlan.

Sementara itu, Ketua Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Rokhyati mengatakan, manasik haji merupakan kegiatan out class.

Diharapkan, peserta akan selalu teringat dan termotivasi untuk melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya. Manasik haji bagi anak RA digelar setiap dua tahun sekali berselang dengan Festifal Anak Sholeh (FASI).

Rokhyati menambahkan, RA yang merupakan institusi pendidikan usia dini di jajaran kementerian agama sudah menjamur hingga mencapai lebih dari 200 buah.

"Totalnya sekitar 7600 peserta didik,"katanya. (*)

Penulis: fajar eko nugroho
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved