Tribun Kampus

Undip Kejar Peringkat Publikasi Internasional

Universitas Diponegoro (Undip) dan Univeritas Semarang (USM) sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang akademik.

Undip Kejar Peringkat Publikasi Internasional
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Pekerja melakukan perawatan patung pangeran Diponegoro di jalan Imam Barjo, Kota Semarang, Jateng, Senin (5/10/2015). Perawatan ini guna memeliharan sejarah perjuangan pangeran diponegoro yang dijadikan ikon Universitas Diponegoro. 

SEMARANG, TRIBUNJATENG.COM -- Universitas Diponegoro (Undip) dan Univeritas Semarang (USM) sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang akademik.

Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama dan Rektor USM Prof. Dr. H. Pahlawansjah Harahap, SE, ME, Kamis (24/3/2016) di Rektorat kampus Undip Tembalang.

Prof Yos menyambut baik kerjasama dalam upaya pengembangan kedua institusi. Menurutnya, upaya penguatan kerja sama tersebut penting untuk peningkatan kualitas riset dan akademik kedua belah pihak.

Di sisi lain, saat ini Undip tengah melakukan berbagai akselerasi setelah menjadi PTN-BH. Di antaranya adalah mengejar peringkat dalam publikasi internasional, penambahan jumlah doktor baru serta pendampingan terhadap dosen yang akan berproses menjadi guru besar.

"Hal itu sesuai dengan amanah Menristekdikti agar Undip dapat masuk kampus 500 besar dunia," terang Prof Yos.

Kerjasama yang disepakati juga mencakup penyiapan kurikulum dan pembinaan dosen berkaitan akan dibukanya Fakultas Ilmu Kedokteran di USM. Terkait hal itu, Prof Pahlawansjah mengatakan, pihaknya perlu menimba ilmu dari Undip yang telah lama memiliki fakultas kedokteran.

"Selain itu, Undip juga sudah mempunyai nama besar di antara universitas di Indonesia," ujar dia.(*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved