Tribun Kampus

Mobil Irit Undip Peringkat Lima Se Asia Afrika

Tim riset mobil hemat bahan bakar UNDIP Antawirya dari cabang Urban Bensin menduduki peringkat ke lima Asia-Afrika dalam kompetisi tahunan Shell Eco-M

Mobil Irit Undip Peringkat Lima Se Asia Afrika
Istimewa
Mobil Irit Undip Peringkat Lima Se Asia Afrika 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Tim riset mobil hemat bahan bakar UNDIP Antawirya dari cabang Urban Bensin menduduki peringkat ke lima Asia-Afrika dalam kompetisi tahunan Shell Eco-Marathon awal Maret lalu. Hal itu tertera dalam keterangan pers yang dikirim Humas Undip ke Tribun Jateng, Selasa (29/3/2016).

Tim Antawira mengirimkan 2 tim pada ajang tersebut di kategori Urban Bensin dan Prototype Bensin. Antawirya Urban Bensin berhasil mengungguli kompetitor di kategorinya seperti tim dari Thailand, China, hingga Mesir.

Total, kompetisi ini diikuti oleh 118 tim dari seluruh Asia, Australia, dan Afrika dengan delegasi terbanyak berasal dari tim tuan rumah Filipina sebanyak 28 delegasi dan dari Indonesia sebanyak 20 delegasi.

"Fokus kami pada tahun ini yaitu untuk mengurangi bobot dari mobil yaitu dengan membuat bodi mobil dan mengganti rangka. Tahun depan, kami akan lebih fokus pada pembaharuan mesin yaitu mengganti mesin dari karburator menjadi injeksi, karena dari 5 besar hanya kami yang menggunakan karburator," tulis Manager Tim Antawirya Urban Bensin, Ujar Sri Radityo.

Mendapatkan posisi 5 besar pada ajang Shell-Eco Marathon 2016 bukanlah hal yang mudah bagi Tim Antawirya. Sebab mobil harus melewati uji teknis dan uji keselamatan sebelum berpacu dalam lintasan hingga dikatakan layak dan aman. Dari keseluruhan peserta hanya sekitar 30% yang dapat lolos dari uji teknis dan keselamatan.

"Tim kami memiliki mental yang cukup baik untuk mengatasi masalah yang ada. Permasalahan seringkali muncul bahkan yang diluar dugaan seperti ukuran ban kami yang ternyata tidak sesuai dengan ukuran hasil pengukuan para inspector. Tapi berkat kerjasama tim dan selalu fokus tim baik yang berada di dalam paddock maupun di luar paddock kami dapat mengatasi tantangan," pungkas Radityo. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved