Kuliner Style

Kemewahan Puding di Hotel Crowne Ini Akan Menyempurnakan Acara Makan Anda

Menu ini memiliki nama Cream Cheese Puding with Mango Culis

Penulis: galih priatmojo | Editor: muslimah
Tribun jateng/Hermawan Handaka
Cream Cheese Puding with Mango Culis 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai hidangan penutup, kehadiran puding selalu dinantikan. Makanan yang kaya serat dan memiliki tekstur kenyal ini biasa diolah dalam beragam rasa.

Di Hotel Crowne Plaza Semarang, puding disajikan begitu mewah dalam balutan krim keju dan saus mangga.

Menu ini memiliki nama Cream Cheese Puding with Mango Culis.

Chef Hotel Crowne Plaza Semarang Erwan mengatakan, yang menarik dari puding ini, warna yang menggugah selera dan spons di lapisan bawah.

"Jadi, ini kombinasi antara puding dan cake yang diperkuat sentuhan krim keju serta saus mangga yang menyegarkan," terangnya.

p

Erwan mengatakan, bahan membuat puding ini tak sulit didapat. Dia menggunakan air, sirup merah, agar-agar saset, susu, pewarna pandan, gula, krim keju dan mangga yang dijus tanpa air.

Untuk menghasilkan efek lapisan yang menggoda, Chef Erwan membuat menu ini secara bertahap.

Pertama, dia membuat lapisan atas yang terdiri dari campuran 500 liter air yang dicampur sirup dan agar-agar setengah saset.

"Masak agar-agar ini sampai larut. Setelah mendidih, masukkan ke dalam loyang dan dinginkan," jelasnya.

Selanjutnya, Erwan memasak puding kedua dari campuran satu liter susu, gula, agar-agar dan pewarna pandan. Setelah mendidih dan matang, Erwan menuangkan ke atas puding pertama yang mulai mengeras.

"Agar adonan satu dan dua bisa menempel, sebelum adonan kedua dimasukkan ke loyang, tusuk-tusuk terlebih dulu adonan pertama menggunakan lidi," jelasnya.

Tahap selanjutnya, membuat spons cake. Bahan yang akan menjadi lapisan ketiga ini dibuat dari telur, tepung terigu, gula dan mentega. Ketiga bahan dicampur dan dikocok hingga tercampur merata dan mengembang.

"Setelah itu, masukkan ke loyang dan oven di dalam suhu 180 derajat selama 17 menit. Setelah matang, potong tipis, letakkan di atas lapisan puding kedua yang masih hangat," kata Erwan.

Terakhir, Erwan menambahkan krim keju dan saus mangga. Sebelum disajikan, Erwan memastikan puding benar-benar dingin sehingga tekstur kenyal diperoleh secara sempurna.

Saat menyajikan, Erwin telah memotong puding menjadi beberapa bagian. Dia meletakkan stroberi sebagai topping yang membuat tampilan semakin segar.

Saat dipotong, tiga lapisan puding telah menyatu sempurna. Rasa manis puding dan masam dari saus merupakan perpaduan sempurna. Spons cake juga begitu lembut dan lumer di mulut.

Satu slice puding di Hotel yang berada di Jalan Pemuda No 118 Kota Semarang ini dibanderol Rp 27 ribu. (galih priatmojo)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved