Apakah di Gunung Sindur Abu Bakar Baasyir Tidak Mempengaruhi Napi Lain?

Apakah di Gunung Sindur Abu Bakar Baasyir Tidak Mempengaruhi Napi Lain?

Penulis: rival al manaf | Editor: iswidodo
Apakah di Gunung Sindur Abu Bakar Baasyir Tidak Mempengaruhi Napi Lain?
Ist
Najahan Musyafak

News Analysis oleh Dr Najahan Musyafak MA / Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dari kabar yang dirilis memang pemindahan Abu Bakar Baasyir dikarenakan faktor kemanusiaan. Namun saya menduga bahwa ada juga upaya pemerintah untuk memecah konsentrasi para terpidana terorisme dan memantapkan langkah deradikalisasi dari pemindahan tersebut.

Dari data yang saya miliki ada sekitar 90an narapidana kasus terorisme di Nusakambangan. Angka pastinya memang tidak saya pegang, tapi kira-kira sejumlah itu. Bayangkan jika napi terorisme sebanyak itu terkonsentrasi dalam satu wilayah. Memang ada ruang isolasi, namun tetap ada kemungkinan mereka berinteraksi.

Saya menduga langkah pemindahan ini juga untuk mempersempit ruang gerak mereka untuk memengaruhi napi lain. Saya sendiri tidak tahu pasti pola pembinaan narapidana terorisme, namun saya rasa instansi terkait mulai mempertimbangkan bahwa kekuatan pengaruh napi terorisme akan berkurang bila dipisah.

Tentu langkah ini bukan jaminan mutlak bahwa mereka tidak bisa memengaruhi napi lagi. Itu mengingat Abu Bakar merupakan seorang Ideolog yang memiliki pengaruh sangat kuat. Bisa jadi di Lapas Gunung Sindur dia tetap bisa memengaruhi napi lainnya, tapi sekali lagi upaya pemindahan ini patut dicoba.

Proses deradikalisasi meski sudah dilakukan terus-menerus hasilnya memang belum memuaskan, tidak ada salahnya langkah ini dilakukan. Terlebih lagi pemindahan ini juga ada alasan kemanusiaan. (tribunjateng/cetak/val)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved