2016 Pemerintah Prioritaskan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Bila pada tahun 2015 lalu pembangunan Rumah MBR ditargetkan sebanyak 603.000 unit, tahun ini meningkat menjadi 700.000 unit.

2016 Pemerintah Prioritaskan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah
rumahkecilminimalis.com
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan perumahan akan memprioritaskan kebutuhan rumah bagi masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2016 ini.

Bila pada tahun 2015 lalu pembangunan Rumah MBR ditargetkan sebanyak 603.000 unit, tahun ini meningkat menjadi 700.000 unit. Sementara rumah untuk non-MBR sebanyak 300.000 unit.

Direktur jenderal Penyediaan perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan prioritas rumah bagi MBR ini merupakan Program Nasional Pembangunan Satu Juta Rumah.

"Mulai tahun 2016 pembangunan akan lebih diupayakan, dan lebih banyak proporsinya untuk MBR," ujar Syarif dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/4/2016).

Syarif menjelaskan pergeseran prioritas peruntukan rumah ini, adalah bahwa kepemilikan rumah untuk MBR jauh lebih dibutuhkan.

Sementara untuk masyarakat non-MBR, menurut Syarif, rumah hanya dijadikan sebagai instrumen investasi bukan untuk dihuni.

Dengan begitu, yang lebih prioritas saat ini adalah mendorong pengembang agar lebih banyak membangun rumah untuk MBR. 

Untuk meningkatkan pembangunan rumah bagi MBR, pemerintah terus mendorong pengembang untuk melaksanakan hunian berimbang.

“Bagi pengembang yang membangun hunian mewah maka harus juga membangun hunian menengah dan hunian murah dengan komposisi 1 hunian mewah, 2 hunian menengah, dan 3 hunian murah," papar Syarif.

Dia menambahkan, sebaliknya bagi pengembang yang membangun hunian murah, tidak diwajibkan membangun hunian menengah dan mewah.

Halaman
12
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved