Breaking News:

Anda Mau Kaya? Cari Koin Ini Satu Kepingnya Laku Rp 1 Miliar

Sebuah uang sen langka tahun 1933 yang menampilkan gambar Raja George V telah dijual dengan harga lelang rekor dunia sebesar 72.000 euro

Penulis: Widha Kumalasari | Editor: Catur waskito Edy
Daily Mail
Koin Langka 

TRIBUNJATENG.COM -- Sebuah uang sen langka tahun 1933 yang menampilkan gambar Raja George V telah dijual dengan harga lelang rekor dunia sebesar 72.000 euro atau sekitar Rp 1 miliar.

Angka itu 60 persen lebih tinggi dari rekor sebelumnya yakni 45.000 euro pada 10 tahun lalu.

Uang sen itu dibuat langka oleh Royal Mint pada 1933 dan menjadi koin Inggris paling langka di abad ke-20.

Awalnya, Royal Mint tidak berencana untuk memproduksi koin baru pada 1933. Namun, koin itu dibuat atas permintaan khusus untuk memperingati atau menandai tahun.

Uang tersebut ditandai dengan kepala Raja George V di satu sisi dan Britania di sisi lain. Tiga dari koin yang diciptakan untuk raja ditempatkan di bawah batu pondasi bangunan penting.

Salah satunya dicuri pada 1970 ketika pencuri berhasil menemukan di Gereja St Cross, Middleton, Leeds yang sedang direnovasi.

Uskup Ripon memerintahkan kedua koin yang masih terkubur di lapangan Gereja St Mary di Hawkswood, utara Leeds untuk digali dan dijual untuk menghindari target pencuri.

Uang langka yang hanya 11 itu, sepertiganya dikubur di peti mati di bawah University of London Gedung Senat di Bloomsburry. Dua dari uang tersebut dipresentasikan kepada British Museum dan dua lainnya ditemukan di kolektor pribadi.

Salah satu koin sen tersebut dijual minggu lalu seharga 72.000 euro atau Rp 1 miliar oleh rumah lelang spesialis AH Baldwin & Sons. Pada 2004 satu koin terjual seharga 40.000 euro atau Rp 600 juta dan satu lagi terjual 45.000 euro atau Rp 765 juta pada musim semi.

"Semua orang mengetahui tentang mata uang sen Inggris 1933," kata juru bicara lelang AH Baldwin & Sons.

Sumber: dailymail.co.uk

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved