Breaking News:

Heboh, Dua Remaja Duduki Patung Pahlawan, Banyak Netizen Menyangka di Monumen Pancasila

AKBP Yofie Girianto menyampaikan belum bisa menentukan apakah hal tersebut merupakan pelanggaran hukum atau bukan.

ist/ Facebook
Pemuda yang injak Patung Pahlawan di Perkebunan PTPN III, Kebun Bandar Betsi, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten 

TRIBUNJATENG.COM - Kapolres Simalungun, AKBP Yofie Girianntao meyampikan bahwa foto-foto yang beredar di facebook tentang sejumlah anak baru gede yang berfose memijak patung pahlawan, berada di Tugu Letda Sujono yang terletak di Perkebunan PTPN III, Kebun Bandar Betsi, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun.

"Iya kita sudah mendapat informasinya, foto itu di Tugu Letda Sujono yang berada di Bandar Betsi. Saat ini kami masih melakukan pencarian terhadap orang-orang yang ada di foto tersebut," ujarnya kepada www.tribun-medan.com, Sabtu (7/5/2016).

AKBP Yofie Girianto menyampaikan belum bisa menentukan apakah hal tersebut merupakan pelanggaran hukum atau bukan.

"Kami masih mencari identitasnya dahulu, kami cari tahu dahulu, apakah yang ada di foto masih di bawah umur (anak-anak), jadi kita lidik dahululah yah," ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa untuk mengatasi tentang perbuatan seperti yang dilakukan oleh anak-anak tersebut tidaklah gampang dengan hanya menangkap orang-orang yang ada difoto tersebut.

"Kalau mencarinya sudah kita lakukan, bagaimana caranya supaya tidak terjadi hal demikian, tentu tidak hanya polisi yang bertanggung jawab," ujarnya.

Yofie menduga bahwa orang-orang yang difoto tersebut tidak tahu patung siapa saja yang dipijak tersebut dan tidak tahu apa yang dilakuka oleh pahwlawan tersebut.

"Belum tentu mereka itu tahu, patung siapa itu dan apa yang dilakukannya dahulu buat negara ini, di sekolah-sekolah sekarang sudah jarang saya lihat diajarkan hal tersebut, jadi permasalahan ini jangan dibebankan kepada polisi saja. Dinas Pendidikan juga bertanggung jawab untuk mengajarkan hal demikian," ujarnya.

pijak patung

Lanjut Yofie, ke depan pihaknya mengajak Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun untuk memberikan pemahaman tentang ketujuh pahlawan tersebut.

Halaman
12
Editor: rustam aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved