LKM Daftar Ke OJK Makin Banyak

Jumlah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Jumlah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai bermunculan di awal 2016 ini. Aset industri LKM yang didata regulator pun mulai menanjak.

Menilik data OJK per akhir Maret lalu, aset LKM yang sudah terdaftar mencapai Rp 220,14 miliar. Angka itu meningkat dari posisi di akhir 2015 lalu sebesar Rp 45,46 miliar.

Sementara jumlah pinjaman yang diberikan mencapai Rp 142,75 miliar. Jumlah pinjaman itu melonjak 512 persen dari posisi akhir tahun lalu. Jumlah LKM yang terdaftar di OJK bertambah dari 20 lembaga di Desember 2015 lalu menjadi 42 lembaga per kuartal I/2016.

OJK pun memberikan relaksasi aturan untuk mendorong LKM agar mendaftar, di antaranya adalah bisa mendapatkan izin usaha bersyarat jika mengajukan izin dengan setoran modal nontunai.

"Kan kami kasih waktu dua tahun untuk dilengkapi, jadi jika mereka tidak memenuhi sanksinya tidak bisa terima dana masyarakat," kata Firdaus Djaelani, Kepala EKsekutif Pengawas IKNB OJK.

Sebelumnya, batas pengajuan izin LKM hanya dipatok hingga 8 Januari 2016 lalu. (Tribun Jateng Cetak/Kontan/Tendi Mahadi)

Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved