BJ Habibie Berziarah ke Makam Mertuanya di Grobogan, Kali Ini Nggak Bagi-bagi Uang

BJ Habibie Berziarah ke Makam Mertuanya di Grobogan, Kali Ini Nggak Bagi-bagi Uang

BJ Habibie Berziarah ke Makam Mertuanya di Grobogan, Kali Ini Nggak Bagi-bagi Uang
TRIBUNJATENG/PUTUT DWI PUTRANTO
HABIBIE DI GROBOGAN- Menjelang bulan suci Ramadan, mantan Presiden RI, B J Habibie berziarah ke makam ayah mertuanya di Tempat Pemakaman Umum Desa Kwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (19/05/2016) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Menjelang bulan suci Ramadan, mantan Presiden RI, B J Habibie menyempatkan diri berziarah ke makam leluhurnya di Tempat Pemakaman Umum Desa Kwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (19/05/2016) siang.

BJ Habibie tiba di pemakaman dengan pengawalan ketat dari TNI dan Polri. Dalam ziarah ini tampak juga mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih serta Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang ikut mendampingi Habibie.

Habibie yang duduk di dekat makam keluarganya itu nampak khusuk membacakan tahlil dan berdoa. Di kawasan TPU Desa Kwaron terdapat makam Bapak mertuanya, R Moh Besari serta makam Kakak Ipar Habibie.

Ziarah ke makam jelang Ramadan, rutin dilakukan oleh Presiden Ketiga RI bersama istrinya, Ainun Habibie semasa hidupnya. Selain untuk mendoakan leluhur, upaya ini juga untuk mengenang asal usul leluhur istri Habibie, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie.

"Bapak Mertua dari Pak Habibie dulunya adalah satu diantara tokoh Islam yang ikut berjuang semasa penjajahan Belanda. Pak Habibie dan Ibu Ainun Habibie selalu berziarah ke makam Kwaron menjelang puasa. Selain berziarah, terkadang Pak Habibie dan istrinya juga memberikan santunan kepada warga," ungkap Juru Kunci TPU Desa Kwaron, Warsito.

Usai berziarah, Habibie langsung meninggalkan makam untuk bertolak kembali ke Jakarta. Warga pun heran karena saat itu tak ada tradisi bagi-bagi uang yang biasanya dilakukan oleh Habibie dengan mendiang istrinya, Ainun Habibie.

"Mungkin Bapak Habibie kecapekan, karena kan baru saja sakit. Biasanya Bapak Habibie dan Ibu Ainun Habibie bagi-bagi uang. Tapi nggak apa-apa lah, kami senang atas kedatangannya. Semoga Bapak Habibie selalu sehat dan sukses," kata warga setempat, Joko Susanto. (*)

Penulis: puthut dwi putranto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved