Breaking News:

Cerita Megawati 'Dipaksa' Soekarno Kuliah di Jurusan Pertanian Hingga Keluar karena Badai Politik

"Badai politik membuat saya meninggalkan kampus ini. Semua memaksa saya untuk tidak belajar di kampus ini," ucapnya

kompas.com
Mantan Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarno Putri tengah membacakan oprasi ilmiahnya dalam penganugerahan doktor honoris causa dirinya di Universitas Padjadjaran Bandung, Rabu (24/5/2016). 

TRIBUNJATENG.COM - Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri membagikan kisahnya saat kuliah di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.Ia sangat ingin masuk jurusan Psikologi.

"Saya diskusi dengan ayah tiga hari untuk meyakinkan pilihan saya. Tapi ayah bersikeras dan meyakinkan saya untuk memilih Pertanian," ujar Megawati dalam orasi ilmiahnya di acara penganugerahan doktor honoris causa dirinya di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Rabu (24/5/2016).

Soekarno, sambung Megawati, beralasan pangan merupakan urusan mati hidupnya suatu bangsa. Urusan pangan sangat penting, sehingga sang ayah ingin anaknya masuk jurusan tersebut demi rakyat.

Selama kuliah, Megawati belajar tentang pertanian. Tak hanya teori, ia pun belajar melalui praktik bersama dengan petani. Namun, kebersamaan Megawati dengan Unpad hanya berlangsung dua tahun. Pergolakan politik di Indonesia saat itu memaksa Megawati meninggalkan Unpad dan berhenti kuliah.

"Badai politik membuat saya meninggalkan kampus ini. Semua memaksa saya untuk tidak belajar di kampus ini," ucapnya.

Saat itu, Megawati melanjutkan, dirinya tidak hanya belajar pertanian di Unpad. Mental dan ideologinya ditempa dalam arti sesungguhnya.

"Kampus ini membentuk saya hingga akhirnya saya bergerak di bidang politik, " tuturnya.

Megawati mendapat gelar doktor honoris causa bidang politik dan pemerintahan atas gagasan dan ide terhadap politik Indonesia. Dari bangun tidur hingga tidur kembali, pemikiran Megawati dinilai hanya untuk Indonesia.

Megawati dalam acara penganugerahan ini akan menjadapatkan piagam dan kalung bertuliskan doktor honoris causa. Megawati merupakan mahasiswa Unpad pertama yang pernah menjadi Presiden Indonesia dan mendapat gelar doktor honoris causa. (*)

Editor: muslimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved