Ternyata Semua Toko Modern di Pati Belum Punya Izin alias Ilegal

Ternyata Semua Toko Modern di Pati Belum Punya Izin alias Ilegal

Ternyata Semua Toko Modern di Pati Belum Punya Izin alias Ilegal
Tribun Jateng/mamdukh adi priyanto/dok
Bupati Pati, Haryanto 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, PATI- Setelah mengadakan rapat kerja beberapa waktu lalu, jajaran Komisi B DPRD Pati menyimpulkan semua toko modern yang ada di Pati ilegal.

Ketua Komisi B DPRD Pati, Sutarto Oenthersa menyatakan kesimpulan rapat kerja Komisi B DPRD dengan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyimpulkan, bahwa semua toko modern di Pati yang ada setelah 2012 bisa dikatakan ilegal.

"Indikasinya jelas, yakni tidak ada yang mengantongi Izin Usaha Toko Modern (IUTM)," ujar Sutarto, Rabu (25/5/2016).

Sementara, Kepala Seksi Perizinan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT), Mimpi Arde Aria menyatakan, sejak terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Pati No 60 tahun 2012 tentang Penataan minimarket, pihaknya belum pernah menerbitkan IUTM.

"Semua toko modern yang sudah jalan belum ada IUTM-nya. Setelah terbit Perbup Pati No 60 tahun 2012 tidak terbit lagi IUTM," kata Mimpi.

Perizinan yang dikeluarkan bagi toko modern hanya berupa izin gangguan (HO), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), TDP, dan SIUP.

Meskipun demikian, ia enggan menyebut semua toko modern setelah terbitnya regulasi itu sebagai usaha ilegal. "Mengingat, telah mengantongi perizinan berupa HO, IMB, TDP, dan SIUP. Jika ada satu unsur perizinan yang belum didapat pengusaha, maka dapat diurus belakangan," ujarnya. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved