Breaking News:

Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Silakan SMS ke 08118469468, Pasti Dapat Info Manfaat

Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Silakan SMS ke 08118469468, Pasti Dapat Info Manfaat

Penulis: dini | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/DINI
SMSBUNDA bantu ibu hamil dapat info dan panduan kesehatan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini Suciatiningrum

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Para ibu hamil dan ibu yang memiliki anak usia kurang dari dua tahun kini bisa mendapatkan beragam informasi kesehatan melalui telepon genggam secara gratis sampai dua tahun.

"Para ibu hamil tinggal mendaftar dengan cara ketik REG (spasi) perkiraan tanggal bersalin (spasi) kabupaten/kota, kirim ke nomor 08118469468," ujar Senior Program Koordinator SMSBunda, Poppie Anggreiny dalam diskusi rountable "Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Melalui SMSBunda", Kamis (26/05).

Poppie menjelaskan cukup sekali daftar, para ibu akan mendapatkan beragam informasi seputar kehamilan serta berbagai informasi yang dibutuhkan seperti pentingnya menerima perawatan dari tenaga terampil selama kehamilan, penggunaan suplemen zat besi serta asupan gizi yang tepat, tanda-tanda komplikasi kehamilan, persiapan melahirkan dan setelah melahirkan, gizi untuk ibu dan pemberian ASI, praktek perawatan nifas dan bayi baru lahir, keluarga berencana, tanda-tanda penyakit pada bayi baru lahir dan kapan mencari penanganan.

Bahkan, ibu yang terdaftar akan menerima SMS gratis tentang perawatan antenatal (ANC) dan perawatan postpartum (PNC) sesuai dengan usia kehamilan, mulai dari trimester pertama hingga 42 hari setelah melahirkan. Isi pesan tersebut dikembangkan oleh tim klinis dan sesuai dengan pedoman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes).

"Layanan gratis ini sangat disayangkan bila tidak dimanfaatkan," imbuh Poppy. Layanana ini bisa juga untuk meningkatkan keharmonisan hubungan suami istri. Karena bisa suami bisa mengingatkan istri akan jadwal periksa atau apapun terkait kesehatan bayi maupun ibu.

"Bukan hanya ibu hamil yang boleh mendaftar, suami pun dipersilakan mendaftar," kata Poppy.

Layanan tersebut sebagai bentuk pencegahan atas kematian ibu dan bayi yang baru lahir. Ibu dan keluarga seringkali tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang kehamilan dan nifas, perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan tanda-tanda bahaya bagi ibu dan bayi baru lahir.

"SMSBunda menjawab kebutuhan ibu hamil dan nifas dengan mengirimkan informasi klinis yang berguna, dan sebaliknya ibu dapat menerima informasi tersebut dengan mudah sehingga SMSBunda bisa menjadi alarm bagi ibu hamil," paparnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved