3.290 Rumah Tangga Tidak Mampu di Kendal Segera Terima Dana Sosial PNPM Perdesaan

3.290 Rumah Tangga Tidak Mampu di Kendal Segera Terima Dana Sosial PNPM Perdesaan

3.290 Rumah Tangga Tidak Mampu di Kendal Segera Terima Dana Sosial PNPM Perdesaan
TRIBUN JATENG/FAJAR EKO NUGROHO/dok
ilustrasi keluarga miskin 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco wiyono

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL- Desa Wonosari Kecamatan Pegandon muncul sebagai juara pertama dalam Lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2016. Hal tersebut diumumkan saat penutupan BBGRM Kabupaten Kendal di Aula Dinas Ciptaru Kendal Senin (30/5/2016).

Desa tersebut dinilai sukses dalam menanamkan nilai-nilai gotong royong kepada warganya, serta memiliki tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan kegiatan sosial yang tinggi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintah Desa (Bapermaspemdes) Kendal, Subaedi, selaku panitia mengatakan, Bulan Bakti Gotong Royong yang digelar sejak 1-31 Mei bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan desa. "Jadi selama satu bulan ini masyarakat digerakkan agar bergotong-royong dan berpartisipasi melakukan kegiatan pembangunan di desa, baik kegiatan fisik maupun non fisik," ujar Subaedi.

Di bawah Desa Wonosari, terdapat Desa Sumberejo, Kaliwungu dan Desa Kaliputih, Singorojo yang meraih juara 2, sementara juara harapan 2 Desa Manggungmangu, Plantungan dan juara harapan 2 Desa Weleri, Weleri.

Dalam kesempatan yang sama, Subaedi juga menyampaikan Dana Sosial Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan untuk 16 kecamatan sebesar Rp 733.933.000, akan disalurkan kepada 3.290 Rumah Tangga Tidak Mampu (RTM) di Kabupaten Kendal.

Mengenai alasan mengapa hanya di 16 kecamatan, Subaedi mengatakan jika empat kecamatan lain, yakni Brangsong, Kaliwungu, Kendal, dan Weleri, tergolong dalam PNPM Mandiri Perkotaan.
"Dana sosial ini berasal dari sebagian keuntungan dari pengelolaan Simpan Pinjam Dana PNPM Mandiri Perdesaan," katanya. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved