Undip Bentuk Pusat Kajian Halal

Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan dan mengesahkan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal

Humas Undip
Rektor Undip, Prof Yos Johan membuka seminar yang diselenggarakan di Hotel Grasia, Kamis (2/6/2016). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan dan mengesahkan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Namun dalam pelaksanaan sertifikasi halal bagi suatu produk belum bersifat wajib dan masih bersifat sukarela.

Hal tersebut disampaikan Dirjend Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Irjend (Purn) Dr Syahrul Mamma, SH, MH, dalam acara seminar nasional Safety dan Halal 2018 di Hotel Grasia, Kamis (2/6/2016).

Mengambil tema Perbaikan Sistem dan Implementasi Halal untuk Membangun Daya Saing Produk Nasional, seminar tersebut diselenggarakan oleh Pusat Kajian Halal Undip bekerjasama dengan Konsorsium Halal Jawa Tengah.

Syahrul mengatakan produk-produk yang diharapkan diterapkan sertifikasi halal diantaranya adalah produk makanan, minuman, farmasi dan kosmetika.

"Tentunya sertifikasi ini, memberikan perlindungan bagi bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya 80% adalah muslim. Implementasi UU No. 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal belum maksimal, sehingga diperlukan wadah untuk mensosialisasikannya maupun mengawal," ujarnya seperti tertulis dalam rilis yang dikirim Humas Undip.

Di lain sisi, Rektor Universitas Diponegoro Prof Yos Johan Utama menuturkan, Undip telah melakukan pembentukan Pusat Kajian Halal, dimana diharapkan menjadi ujung tombak dalam melakukan terobosan penelitian yang berhubungan dengan halal.

"Konsorsium ini diharapkan dapat mengawal dan juga membantu implementasi UU No 3 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal, kami juga mengajak bagi para kolega dari Univeristas yang lain untuk bersama-sama," timpalnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved