Breaking News:

Mudik Lebaran 2016

Inilah Titik Macet Jalur Mudik Via Tol dan Inilah Alternatif Petugas

Dibukanya ruas tol ini diperkirakan berimbas pada kepadatan kendaraan yang bermula dari ruas Tol Kanci-Pejagan.

Tribun Jateng/Fajar Eko Nugroho
Exit Tol Brebes Timur 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Menjelang Mudik Lebaran, jalan Tol Pejagan-Pemalang untuk sesi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) akan diresmikan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Meski begitu, jalan tol tersebut sudah aktif dilintasi kendaraan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar memperkirakan kawasan tol akan macet saat puncak arus mudik nanti. Oleh karena itu, polisi mengantisipasinya dengan sistem buka-tutup jalan.

"Ujung jalan tol ini ada di Brebes Timur. Maka apabila terjadi peningkatan volume yang sangat tajam, maka sebelum pintu tol itu dapat dilakukan penutupan arus," ujar Boy di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (14/6/2015) malam.

"Sehingga kami dapat mengalihkan ke pinto tol sebelumnya," lanjut dia.

Dibukanya ruas tol ini diperkirakan berimbas pada kepadatan kendaraan yang bermula dari ruas Tol Kanci-Pejagan.

Kemudian, bagi pemudik yang menggunakan jalur selatan, petugas membuka jalur alternatif selain menggunakan jalur Cipali. Karena biasanya jalur tersebut menjadi titik kemacetan saat arus mudik sedang tinggi.

"Jadi jalur tengah dan selatan ini jadi alternatif selain Cipali. Di sana juga ada unsur pengamanan dan petugas," kata Boy.

Boy mengatakan, Polri telah berkoordinasi dengan Polda terkait yang daerahnya terkena dampak arus mudik. Begitu pula dengan Kementerian Perhubungan, koordinasi terus dilakukan.

Selama operasi Ramadhan dilakukan, pengamanan polisi akan terkonsentrasi di tempat-tempat publik yang menjadi pusat aktivitas seperti stasiun, terminal, dan bandara.

Selain itu, ada pula pos mengamanan dan pelayanan terpadi di rest area yang bisa dimanfaatkan pemudik. Masyarakat diimbau untuk beristirahat jika mengalami kelelahan selama perjalanan.

Kepala Korps Lalu lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto sebelumnya memprediksi pintu tol Brebes Timur akan terjadi kemacetan saat arus mudik dan balik 2016.

Untuk itu, pihaknya mengantisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan yang terjadi di pintu keluar tol.

"Jadi kalau terjadi kepadatan di pintu Tol Brebes Timur akan menggunakan sistem three in one, yaitu tiga lajur dari tol sementara yang masuk ke tol hanya menggunakan satu lajur," ujar dia.

Tak hanya itu, apabila kepadatan masih terjadi di pantura, di Simpang Empat Maya Kota Tegal, kendaraan pemudik akan langsung menuju ke jalur lingkar utara. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved