Kronologi Longsor Banjarnegara yang Tewaskan 7 Orang, Begitu Mendadak Saat Mereka Bersihkan Jalan

Hujan berintensitas tinggi di wilayah Jawa Tengah bagian selatan sejak pagi hingga sore telah menyebabkan banjir dan longsor, Sabtu (18/6/2016)

Kronologi Longsor Banjarnegara yang Tewaskan 7 Orang, Begitu Mendadak Saat Mereka Bersihkan Jalan
tribunjateng/dok
FOTO DOKUMEN longsor di Banjarnegara 

TRIBUNJATENG.COM - Hujan berintensitas tinggi di wilayah Jawa Tengah bagian selatan sejak pagi hingga sore telah menyebabkan banjir dan longsor, Sabtu (18/6/2016).

Laporan sementara dari BPBD kepada Posko BNPB, banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Banyumas, Karanganyar, Wonogiri dan Kota Solo di Provinsi Jawa Tengah.

(Jateng Berkabung, 24 Orang Tewas, 26 Lainnya Hilang karena Banjir dan Longsor di 16 Wilayah Ini)

Bencana tanah longsor terjadi di Banjarnegara, tepatnya di Desa Gumelem Kecamatan Susukan, Sabtu (18/6) malam.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara, Andri Sulistyo mengungkapkan kronologis tanah longsor.

"Terjadi hujan deras sejak pukul 14.30 WIB menyebabkan beberapa wilayah di Desa Gumelem Kulon terjadi tanah longsor," kata Andri saat dihubungi Tribun Jateng.

Andri menyebut, awalnya longsor menimpa jalan di wilayah RT 3 RW 10. Ketika warga sedang membersihkan longsoran, tiba-tiba terjadi longsor susulan. "Tiga warga di perkirakan masih tertimbun longsoran," terangnya.

Ia menyebutkan identitas warga yang tertimbun adalah Sudarno (40), Ahmad Bahrudin (40), Wato (40). Ketiganya berhasil dievakuasi dalam keadaan tewas.

Andri mengimbuhkan satu rumah warga atas nama Taswin, juga tertimbun longsoran tanah di wilayah RT 5 RW 1. Tak ada korban jiwa di wilayah tersebut.

"Longsoran tanah juga menimbun satu rumah milik warga atas nama Surati di wilayah RT 1 RW 7. Tak ada korban jiwa," imbuhnya.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved