Lampu Mati, Evakuasi Korban Longsor di Kebumen Hari Ini Menunggu Terang

"Evakuasi nunggu agak terang karena posisi mati lampu di TKP," kata Zul

Lampu Mati, Evakuasi Korban Longsor di Kebumen Hari Ini Menunggu Terang
tribunjateng/ponco wiyono
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Regu penyelamat dari Basarnas Kantor SAR Semarang, Pos SAR Solo dan Pos SAR Cilacap, Minggu (19/6/2016) pagi, mulai mencari para korban tanah longsor di Desa Sampang, Kecamatan Sompor, Kabupaten Kebumen.

Perwakilan humas Basarnas Kantor SAR Semarang, Zulhawari Agustianto, saat dihubungi Minggu (19/6/2016) pukul 04.48 WIB mengatakan, tim baru sampai ke lokasi kejadian.

Longsor yang terjadi di Dusun Semampir dan Desa Sampang menimpa tiga rumah milik Rustin, Kasimun dan Musito.

Enam orang dilaporkan tertimbun. Mereka adalah pasangan suami istri Satimun (40) dan Sari (35), San Rustin (55), Marsiyem (50), Sutiyem (25) dan Poniyem (50).

Sutiyem merupakan anak San Rustin yang tengah hamil delapan bulan.

"Evakuasi nunggu agak terang karena posisi mati lampu di TKP," kata Zul.

Sebelumnya, Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangannya menyebutkan, telah terjadi banjir bandang melanda Desa Jatiroto dan Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen pada Sabtu (18/6/2016) pukul 19.00 WIB.

Bencana tersebut disebabkan luapan sungai di sekitar dua desa tersebut. Tinggi banjir bandang mencapai 50 hingga 100 sentimeter.

Di hari yang sama terjadi longsor di Dukuh Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Tiga orang diperkirakan tertimbun.

Petugas masih melakukan pencarian korban. Hujan menghambat pencarian korban longsor.

Selain korban tewas, banjir di Kabupaten Kebumen menyebabkan jalur rel kereta api terendam banjir pada Sabtu pukul 16.00 WIB.

Rel kereta api antara Ijo-Gombong di sebelah timur terowongan Ijo wilayah Desa Bumiagung, Kecamatan Rowolele, Kabupaten Kebumen terendam banjir setingi 20 sentimeter. Akibatnya jadwal kereta api mengalami keterlambatan. Pada pukul 17.20 WIB banjir sudah surut. (*)

Editor: muslimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved