Inilah 10 FAKTA Dalam Fit And Proper Tes Pencalonan Tito Karnavian Jadi Kapolri

Dengan hasil ini dipastikan Tito akan menjadi kapolri termuda sepanjang sejarah Polri.

Inilah 10 FAKTA Dalam Fit And Proper Tes Pencalonan Tito Karnavian Jadi Kapolri
Ambaranie Nadia K.M
Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian (batik kuning) melakukan salam komando dengan Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo (batik cokelat) usai kinjungan ke rumah dinasnya di Kompleks Polri Ragunan, Jakarta, Rabu (22/6/2016). 

JAKARTA, TRIBUNJATENG.COM - Seperti diperkirakan sebelumnya, Komjen Pol Tito Karnavian mulus menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di Komisi III DPR, Kamis (23/6).

1. Seluruh fraksi di Komisi III setuju meloloskan Kepala Badan nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) tersebut sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti.

2. Dengan hasil ini dipastikan Tito akan menjadi kapolri termuda sepanjang sejarah Polri.

3. Fraksi PDI Perjuangan yang semula disebut-sebut punya calon lain, Komjen Pol Budi Gunawan, justru mengklarifikasi sikap politiknya. Budi Gunawan saat ini menjabat Wakil Kepala Polri.

Melalui Ahmad Basarah, Wakil Sekjen PDI Perjuangan yang ikut melakukan fit and proper test, partai tersebut menyatakan mendukung sepenuhnya pilihan Presiden Joko Widodo.

"Sedikit klarifikasi, banyak pertanyaan dari media tentang posisi politik PDI Perjuangan terkait pencalonan Pak Tito," kata Basarah.

Menurutnya PDI Perjuangan tidak ingin pencalonan Kapolri atau Panglima TNI diputuskan melalui voting.

"Pencalonan Kapolri atau Panglima TNI jangan ditolak. Kami tidak mau voting. Tidak mungkin PDI Perjuangan menolak calon Kapolri yang diusulkan Presiden. Dari zaman SBY saja kami terima, apalagi Jokowi yang merupakan kader. Sikap PDI Perjuangan ini final," ujarnya.

4. Dalam fit and proper test itu Tito Karnavian mengkalrifikasi beberapa masalah yang dikaitkan dengan dirinya ketika menjabat sebagai Kapolda Papua.

Pertama soal informasi mengenai keterlibatannya dalam memenangkan Joko Widodo di Papua saat pemilihan presiden (pilpres).

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved