Ramadan 2016

Hindari Teh Kental dan Kopi saat Sahur Biar Nggak Sering Pipis

Hindari Teh Kental dan Kopi saat Sahur Biar Nggak Sering Pipis

Hindari Teh Kental dan Kopi saat Sahur Biar Nggak Sering Pipis
tribunjateng/hermawan handaka
ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Saat berpuasa, peluang terkena dehidrasi tinggi. Namu jangan khawatir, berikut tips dari Kepala Bagian Gizi SMC RS Tlogorejo, Anastasia Aprilia Setiawati AMG R untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh:

1. Konsumsi air putih 8 gelas sehari. Saat puasa anda bisa mengatur asupan cairan, misalkan 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam atau sepanjang malam dan 2 gelas saat sahur. Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari akan menjaga keseimbangan tubuh.
2. Hindari paparan sinar matahari yang menyengat. Cuaca panas mendorong pengeluaran keringat yang berlipat sehingga bisa memicu dehidrasi.
3. Hindari aktivitas fisik berat yang menguras tenaga. Bila ingin berolahraga, sebaiknya dilakukan menjelang berbuka puasa sehingga cairan tubuh yang hilang cepat diganti.
4. Konsumsi buah-buahan yang kaya air, semisal semangka, jeruk, buah beri, mangga, blewah, dan buah-buahan lain berhidrasi tinggi.
5. Hindari minum teh kental dan kopi saat sahur sebab mengandung bahan kimia yang bersifat dieuretik, yang artinya, menambah kecepatan pembentukan urine. Hal ini dapat memicu keluhan sering buang air kecil. Ketika kita banyak buang air kecil, cadangan air dalam tubuh menjadi berkurangan dan tubuh dapat kekurangan air saat menjalani ibadah puasa. (tribunjateng/dni)

Penulis: dini
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved