Mudik Lebaran 2016

Menteri Perhubungan Setuju Biaya Tol saat Macet, Gratis

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan setuju pembebasan biaya tol bagi pemudik, tatkala terjadi kemacetan sebagai imbas dari proses pembayaran di gardu.

Editor: rika irawati
TRIBUNJATENG/FAJAR EKO NUGROHO
EXIT TOL BREBES TIMUR 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan setuju saran pembebasan biaya tol bagi pemudik, tatkala terjadi kemacetan sebagai imbas dari proses pembayaran di gardu tol.

"Kalau menurut saya, bagus. Kalau merasa rugi, ya ditutup aja jalan tolnya ," kata Jonan saat meninjau arus balik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (7/7/2016).

"Kami sudah mengingatkan, kalau gerbang-gerbang tol itu diusulkan, kalau macet harus digratiskan, dibuka," jelasnya.

Menurut Jonan, proses pembayaran yang dilakukan secara tunai di gerbang tol akan menyebabkan antrean panjang.

"Memang, kalau sudah macet sekali banyak yang pakai tunai. Itu kalau pintunya masih pakai tunai, saya kira berat. Orang bilang, itu gak ada hubungannya, memang exit-nya saja. Loh, coba kita liat. Kalau banyak yang tunai, pasti macet," jelasnya.

Terkait kemacetan yang terjadi di pintu keluar tol Brebes Timur, Jonan berpendapat, seharusnya, pintu keluar dan masuk harus punya kapasitas sama.

"Jalannya harus bisa menampung di keluarnya. Memang dikatakan, lho ini bukan masalah di tol tapi di arteri. Berarti pintu tolnya yang salah dong. Lokasinya di situ," ungkap Jonan.

Sementara itu, pihak PT Jasa Marga Tbk yang juga menjadi bagian dari pengelola tol, mengaku siap menggratiskan tol bila terjadi kemacetan parah.

"Saya dapat instruksi dari menteri PU, nanti di Cikarang itu pada saat arus balik, kalau memang macetnya luar biasa, kita loss-kan saja, jadi tidak bayar," ujar Dirut PT Jasa Marga Tbk Adityawarman.

Jonan menambahkan, pihaknya, saat ini sudah melakukan berbaga upaya antisipasi dalam menghadapi arus balik Lebaran 2016.

"Saya sudah minta Jasa Marga. Terus, operator jalan tol saya panggil untuk koordinasi, kalau mau detail tanya menteri PU, jangan diem aja. Menteri PU-nya ya mesti bantu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) segala," kata Jonan. (kompas.com/Pramdia Arhando Julianto)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved