Gubernur Akmil Tegaskan Bangsa Butuh Perwira TNI Bermoral Jernih Bagai Air

Gubernur Akmil Tegaskan Bangsa Butuh Perwira TNI Bermoral Jernih Bagai Air

Gubernur Akmil Tegaskan Bangsa Butuh Perwira TNI Bermoral Jernih Bagai Air
tniad.mil.id
Bertempat di Lapangan Gembung Komplek Pancaarga, akademi Militer menggelar acara Tradisi Korps pesta air Calon Perwira Remaja (Capaja) Akmil yang dipimpin oleh Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Hartomo. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Akademi Militer (Akmil) menggelar tradisi pesta air bagi Calon Perwira Remaja (Capaja), di Lapangan Gembung Komplek Panca Arga, Akmil Magelang, Rabu (13/7/2016). Tradisi ini dipimpin langsung Gubernur Akmil, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hartomo.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wisnoe PB, para Pejabat Distribusi Akmil, Ketua dan Pengurus Persit KCK Cabang BS Akmil, para pengasuh dan pelatih, serta seluruh Taruna Akmil, serta disaksikan oleh warga masyarakat sekitar.

Gubernur Akmil, Mayjen TNI Hartomo mengatakan, bahwa air mempunyai fungsi dan manfaat serta karakteristik yang baik untuk digunakan dan dicontoh bagi kelangsungan hidup manusia. Selain sumber kehidupan, juga sarana untuk membersihkan diri dari berbagai kotoran dan noda.

"Selain itu, di dunia militer para ahli strategi mengungkapkan, bahwa strategi yang paling efektif dalam setiap pertempuran adalah strategi yang mencontoh sifat air, yakni cepat beradaptasi menyesuaikan diri dengan bentuk-bentuk medan yang dihadapi," jelas Mayjen TNI Hartomo melalui siaran persnya.

Sehingga Korps Taruna Akmil menjadikan Pesta Air sebagai Tradisi Korps Taruna. Di mana merupakan simbol yang penuh makna untuk membersihkan diri dari segala kekeliruan dan kekhilafan yang dilakukan oleh para Capaja selama mengikuti pendidikan dan latihan di Akmil.

Tradisi Korps Pesta Air ini juga mengandung nilai yang positif, karena sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, yang berorientasi kepada terwujudnya jiwa yang bersih, tulus dan ikhlas. Nilai-nilai tersebut selanjutnya perlu diamalkan, baik melalui sikap, perilaku, maupun ucapan.

"Perlu disadari, bahwa saat ini bangsa dan negara membutuhkan Perwira-perwira TNI yang tidak hanya profesional, tetapi juga memiliki jiwa kejuangan, berkarakter dan mempunyai moral yang baik, serta bersih dan jernih bagaikan air," ungkap Gubernur Akmil.

Hartomo berharap, agar para Capaja bisa menjadi seorang perwira yang dapat melaksanakan tugas dengan baik, tidak menyimpang dari aturan hukum yang berlaku, serta mengutamakan moral dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

"Sehingga dapat dijadikan barometer dan tolok ukur serta dapat menjadi contoh dan panutan bagi anak buahnya, di satuan, serta masyarakat di lingkungan tempat bertugas," tegasnya.

Para Capaja juga harus yakin dan mampu menjadi sosok Perwira TNI Angkatan Darat yang berdisiplin tinggi, jago perang, jago menembak, jago beladiri, memiliki fisik yang prima dan berakhlak mulia untuk mengabdikan diri demi kepentingan negara dan bangsa.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved