Breaking News:

TNI di Demak Bangun Puluhan Unit Jamban Sehat di Sayung dan Wonosalam

Kodim 0716 Demak, Jawa Tengah secara bertahap terus menggencarkan realisasi pembuatan jamban sehat

Penulis: puthut dwi putranto | Editor: rustam aji
tribun jateng/puthut dwi putranto
Kodim 0716 Demak, Jawa Tengah secara bertahap terus menggencarkan realisasi pembuatan jamban sehat 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Kodim 0716 Demak, Jawa Tengah secara bertahap terus menggencarkan realisasi pembuatan jamban sehat di wilayahnya melalui jajaran Koramil. Kegiatan karya bhakti prajurit TNI atas komando atasan ini bertujuan menciptakan sanitasi yang baik di lingkungan masyarakat.

Selain itu, program jambanisasi yang menyasar keluarga kurang mampu ini merupakan gayung bersambut pihak TNI untuk mendukung program pemerintah menuju Indonesia sehat 2020.

Setelah beberapa waktu lalu Koramil 06 Wedung terjun langsung membangun jamban sehat dengan jumlah total 10 unit, kini giliran Koramil 03 Wonosalam dan Koramil 11 Sayung, Kamis (14/07/2016).

Koramil 03 Wonosalam mewujudkan 20 unit jamban sehat dan Koramil 11 Sayung mewujudkan 10 unit jamban sehat di wilayah teritorial masing-masing. Bantuan pembangunan jamban sehat ini secara keseluruhan ditanggung oleh TNI. Entah itu proses pengerjaannya hingga kebutuhan material untuk pembuatan jaman sehat.

"Jamban ini bertujuan untuk menjaga kesehatan lingkungan dimana warga agar tidak buang kotoran di sembarang tempat, karena kalau buang kotoran di sembarang tempat akan mencemari air sungai dan lingkungan setempat sehingga lingkungan kita akan menjadi tidak sehat, dan tidak sepantasnya lagi di zaman seperti ini masih ada orang yang buang kotoran di sembarang tempat, " ungkap Danramil 03 Wonosalam, Kapten Inf Dony Visma kepada Tribun.

"Mari kita jaga kesehatan dengan memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, " imbuh Dony.

Sementara itu, Komandan Koramil 11 Sayung, Kapten Inf Mulyadi, menuturkan, pelaksanaan program jambanisasi yang dilakukan pihaknya menyasar keluarga kurang mampu di sejumlah Desa di wilayah terdampak abrasi di Sayung. Sebut saja Desa Bedono dan Desa Sayung.

"Mayoritas mereka tak memiliki pekerjaan tetap, sehingga kesulitan untuk membuat jamban. Kami bangunkan jamban sehat dengan desain khusus untuk bertahan di daerah abrasi, " ungkap Danramil 11 Sayung, Kapten Inf Mulyadi.

M Darmawan (37), warga Desa Bedono, mengaku senang atas bantuan pihak TNI yang telah sudi membangunkan jamban di rumahnya. Selama puluhan tahun, ia dan keluarganya buang air besar di pinggir sungai. Terkadang saat buang air besar mereka juga menumpang ke rumah tetangga.

"Kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada TNI yang telah membuatkan jamban. Kini saat buang air besar, kami tak lagi merepotkan tetangga, apalagi harus bersusah payah ke sungai, " kata Darmawan.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved