Hati-hati Dandani Anak, Gunakan Kosmetik Sejak Usia Lima Tahun Remaja Ini Alami Kekerdilan

Seorang gadis bernama Manman ini memiliki paras yang cantik. Ia berusia 13 tahun dan berasal dari Hankou, Hubei, China Tengah.

Hati-hati Dandani Anak, Gunakan Kosmetik Sejak Usia Lima Tahun Remaja Ini Alami Kekerdilan
Net
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM - Seorang gadis bernama Manman ini memiliki paras yang cantik. Ia berusia 13 tahun dan berasal dari Hankou, Hubei, China Tengah.

Seperti dikutip People (14/7/2016) dalam dua tahun terakhir Manman mengalami masalah pertumbuhan. Setelah menjalani pemeriksaan di rumah sakit Manman didiagnosis mengalami dwarfisme atau kekerdilan. Anehnya, penyebab perubahan pertumbuhannya ini dikarenakan oleh produk kosmetik.

Ibu Manman dikenal sebagai ibu yang trendi dan banyak mendapat perhatian karena penampilannya. Sejak Manman berusia lima tahun, ibunya mulai menyulap penampilan anaknya itu seperti boneka barbie yang indah. Namun, Manman justru terhambat pertumbuhannya sejak dua tahun lalu. Tinggi badan Manman kini hanya 1,4 meter.

"Di usia 16 tahun, tulang Manman mungkin tidak akan tumbuh lagi. Dia mungkin tidak akan bertambah tinggi," kata dokter yang menanganinya.

Dokter menyimpulkan hal itu disebabkan karena pemakaian make up sejak usia dini. Dokter ingin mengingatkan kepada seluruh orang tua bahwa kulit anak-anak lebih sensitif dari orang dewasa.

Penggunaan kosmetik pada usia dini dapat sangat berbahaya bagi anak-anak. Jika seorang anak tumbuh kurang dari 5 cm per tahun sejak usia tiga tahun hingga pubertas orangtuanya harus waspada dan segera memeriksakannya ke rumah sakit. (Widha Kumualasari)

Penulis: Widha Kumalasari
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved