Meski Tersangka, Bupati Jepara Tetap Bisa Nyalon Lagi di Pilkada. Ini Alasannya

Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng menetapkan Bupati Jepara, Ahmad Marzuki sebagai tersangka kasus dugaan korupsi

Meski Tersangka, Bupati Jepara Tetap Bisa Nyalon Lagi di Pilkada. Ini Alasannya
Kompas.com/Nazar Nurdin
Bupati Jepara Ahmad Marzuki 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng menetapkan Bupati Jepara, Ahmad Marzuki sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik (Banpol) DPC PPP Kabupaten Jepara tahun 2011-2012.

Namun, hingga saat ini surat resmi penetapan tersangka tersebut belum diterima Ahmad Marzuki ataupun Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara.

Meskipun demikian, Ketua DPC PPP Jepara itu masih boleh nyalon sebagai Bupati Jepara pada Pilkada 2017 mendatang. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Subchan Zuhri, Selasa (26/7/2016).

"Sesuai dengan PKPU Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pencalonan. Menyatakan, meski menyandang status tersangka, seseorang masih bisa dicalonkan mupun mencalonkan sebagai calon bupati," kata Subchan Zuhri.

Menurutnya, pihaknya menerapkan asas praduga tak bersalah. Yakni selama belum ada keputusan incraht atau final dan mengikat, tidak menghentikan proses pencalonan seseorang.

Bahkan, saat vonis pengadilan, calon pun masih bisa melanjutkan pencalonannya. Hal itu dikarenakan bisa saja yang bersangkutan, menempuh proses hukum selanjutnya.

"Misalnya, saat mendaftar statusnya tersangka, kemudian dalam proses pencalonan divonis pengadilan. Itu pun belum bisa menggugurkan calon tersebut dalam pencalonan, ia masih bisa tetap lanjut," jelasnya.

Ia menerangkan, selain sudah diputus incraht, beberapa hal yang bisa menggugurkan proses pencalonan seseorang dalam pilkada antara lain apabila yang bersangkutan meninggal dunia, mengundurkan diri, dan atau jika terpilih tidak dapat melaksanakan tugas secara permanen atau mengalami cacat.

Ahmad Marzuki mengikuti penjaringan bakal calon (balon) Bupati Jepara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Hingga saat ini, nama Marzuqi masih diproses pencalonannya oleh DPP PDI Perjuangan.

Kemungkinan, rekomendasi dari DPP akan turun menjelang hari pendaftaran pasangan bakal calon bupati-wakil bupati. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved