Noor Yasin Agendakan Tes Urine untuk Seluruh Kades di Kudus

Sekda Kudus, Noor Yasin, mengatakan pihaknya ingin tak hanya anggota DPRD Kudus, yang melakukan tes urine. Melainkan juga para kepala desa (Kades)

Noor Yasin Agendakan Tes Urine untuk Seluruh Kades di Kudus
tribunjateng/yayan isro roziki
Sekda Kudus, Noor Yasin (berdiri baju putih), turut memantau pelayanan E-KTP di kantor Disdukcapil Kudus.(foto dok) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Bola salju pascatertangkapnya Agus Imakudin, -politisi PDIP yang juga anggota DPRD Kudus,- oleh petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng, terus menggelinding. Pada Jumat (29/7) malam, BNNP Jateng melakukan tes urine terhadap 41 anggota legislatif di Kota Kretek.

Sekda Kudus, Noor Yasin, mengatakan pihaknya ingin tak hanya anggota DPRD Kudus, yang melakukan tes urine. Melainkan juga para kepala desa (Kades) di seluruh Kudus, serta para PNS yang ada di lingkup Pemkab Kudus.

"Ya kita ingin Kudus bersih dari penyalahgunaan Narkoba, sudah kita anggarkan di APBD-Perubahan 2016 ini," kata Noor Yasin, Senin (1/8/2016).

Disampaikan, pelaksanaan tes menunggu dokumen pelaksana anggaran (DPA), dalam hal ini adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD). "Saat ini APBD-Perubahan masih dalam tahap evaluasi gubernur," ucapnya.

Kepala BKD Kudus, Joko Triyono, mengatakan pihaknya telah mengajukan anggaran untuk pelaksanaan tes urine, kepada dua ribu orang. Menurut dia, besar anggaran yang ada sekitar Rp200 juta.

"Tak hanya Kades, tapi secara bertahap tes urine juga akan dilakukan untuk para PNS yang ada di Kudus," ucapnya.

Menurut dia, kuota tes urine untuk dua ribu orang tersebut bisa saja diperuntukkan bagi seluruh Kades, dan sisanya untuk para PNS. "Tapi tak menutup kemungkinan, PNS dulu aru para Kades, tergantung mana nanti yang diprioritaskan. 2017 kita anggarkan lagi, agar seluruh PNS mengikuti pelaksanaan tes urine," tuturnya.

Diketahui, sebelum tertangkapnya Agus Imakudin, pihak Pemkab Kudus telah terlebih dahulu menggandeng BNNP Kudus, untuk melaksanakan tes urine kepada para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pejabat eselon II, serta Kepala UPT. Kala itu, tes urine diikuti oleh 178 orang.

Sementara, di Kudus total terdapat 9.013 orang. Sedangkan jumlah Kades secara keseluruhan ada 123 orang. (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved