Breaking News:

Pilkada Brebes

Pendaftaran Pengawas Pemilu Lapangan Resmi Dibuka

Pengumuman pendaftaran Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk gawe Pilkada Brebes resmi dibuka mulai Senin (1/8/2016).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES -- Pengumuman pendaftaran Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk gawe Pilkada Brebes resmi dibuka mulai Senin (1/8/2016).

PPL digadang-gadang menjadi ujung tombak pengawasan dan sekaligus penentu kualitas pilkada yang dimulai dari tingkat desa atau kelurahan yang ada di Kota Bawang.

Ketua Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Brebes, Kuntoro mengatakan sebelumnya jumlah PPL di tiap desa atau kelurahan bervariasi tergantung jumlah pemilih atau sebaran tempat pemungutan suara (TPS).

Namun berdasar regulasi terbaru, jumlah PPL hanya satu orang di tiap desa atau kelurahan. Meski begitu, kinerja PPL saat Pilkada Brebes 2017 akan tetap bisa maksimal karena dibantu dengan kehadiran pengawas di tiap-tiap TPS.

"Proses seleksi PPL akan digelar secara transparan dan profesional oleh Panwas Kecamatan," kata Kuntoro, Senin.

Waktu pengumuman dibukanya pendaftaran seleksi PPL ini mulai Senin-Jumat (1-5/8/2016). Sedang waktu penerimaan berkas pendaftaran mulai Sabtu-Jumat (6-12/8/2016). Setelah itu akan dilakukan proses penelitian berkas hingga seleksi oleh panwascam di masing-masing kecamatan yang ada di Brebes. Pelantikan PPL dijadwalkan digelar akhir Agustus ini.

Untuk jumlah PPL, Panwaslih Brebes akan merekrut 297 Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) di 17 Kecamatan se Kabupaten Brebes.

"Untuk jumlah PPL satu orang untuk satu desa atau kelurahan. Proses pembentukan paling lama 21 hari kalender dimulai tahapannya dari tanggal 1 hingga 27 Agustus 2016," ucapnya.

Menurutnya, setelah lolos administrasi, para calon akan mengikuti tes wawancara. Hasilnya akan diplenokan sebelum diumumkan.

Yang penting ialah dalam perekrutan nanti memperhatikan dan mematuhi peraturan yang ada. Selain itu, petugas PPL tidak boleh dari parpol peserta pemilu atau salah satu tim sukses salah satu calon peserta pilkada.

Menurutnya, meski berada di tingkat desa atau kelurahan namun peran PPL sangat vital. Agenda terdekat seperti pemutakhiran data pemilih atau verifikasi faktual syarat dukungan bakal paslon jalur perseorangan yang digelar di tingkat desa atau kelurahan.

PPL akan melakukan pengawasan intensif agar proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh PPS berjalan sesuai ketentuan. Jika tak sesuai aturan, dikhawatirkan bisa memicu munculnya sengketa pencalonan yang saat ini penyelesaiannya ditangani Panwaslih Kabupaten Brebes.

"Hal-hal yang berpotensi memicu munculnya pelanggaran atau sengketa pemilu akan kita tekan sejak dini," ujarnya.(mam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved