Mom and Kids

Makanan Bersantan Sebaiknya Diberikan Mulai Umur 1 Tahun

Makanan Bersantan Sebaiknya Diberikan Mulai Umur 1 Tahun. News Analysis oleh Dr Probo Winarto | Dokter RS Ibu dan Anak Bunda

Penulis: dini | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Makanan pendamping ASI untuk si bayi 

News Analysis oleh Dr Probo Winarto | Dokter RS Ibu dan Anak Bunda

TRIBUNJATENG.COM- Pengenalan makanan padat pada bayi memegang peran penting pada kebiasaan makan anak selanjutnya. Waktu yang tepat mengenalkan rasa adalah faktor terpenting dalam pengenalan makanan pedamping ASI (MPASI).

Saat usia bayi menginjak 6 bulan, ibu bisa mengenalkan makanan pendamping ASI yang bertekstur lembut dan memiliki berbagai rasa. Sebenarnya, bayi menyukai rasa manis karena terbiasa minum ASI. Jadi, saat kali pertama merasakan rasa lain, mungkin bayi menolak. Itu sebabnya, berikan makanan yang memiliki rasa berbeda secara pelan-pelan.

Semakin banyak rasa yang dia rasa, anak semakin baik sebab bila makanan monoton, anak akan tumbuh jadi pemilih makanan. Tentu saja, ini dapat memengaruhi perkembangan dan berat badan anak sehingga penting memvariasi makanan.

Walau demikian, saat bayi berusia 6 bulan, sebaiknya hindari pemakaian bumbu yang berlebihan, semisal bawang bahkan penyedap rasa. Anda bisa berikan saat makanan bersantan atau variasi bumbu saat anak usia 1 tahun. Namun, jangan berlebihan sebab secara alami, makanan, baik nasi, sayur dan buah-buahan mempunyai rasa tersendiri. (tribunjateng/dini suci)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved