Mutia Penasaran Kreker ala Belanda di Sam Poo Kong

Puluhan mahasiswa asing yang tergabung dalam Aiesec Komite Lokal Undip menampilkan berbagai kegiatan dan makanan khas negara di Klenteng Sam Poo Kong

Mutia Penasaran Kreker ala Belanda di Sam Poo Kong
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Mahasiswa asing tergabung dalam Aisec menampilkan kebudayaan yang diselenggarakan di Klentheng Sam Poo Kong Kota Semarang.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puluhan mahasiswa asing yang tergabung dalam Aiesec Komite Lokal Universitas Diponegoro (Undip) menampilkan berbagai kegiatan dan makanan khas negara mereka di Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang. Aiesec adalah organisasi internasional untuk para pemuda yang membantu mengembangkan potensi kepemimpinan mereka.

Hari itu suasana berbeda terlihat di Sam Poo Kong. Di antara ratusan pengunjung tampak puluhan mahasiswa dan mahasiswi asing mengenakan jersey (pakaian olahraga) asal negara mereka masing-masing. Di antara mereka juga ada yang memamerkan aneka tari-tarian. Para pengunjung Sam Poo Kong pun dapat menikmati acara bertajuk "Global Village" itu secara gratis.

Mahasiswi asal Republik Ceko, Martina Dobesova (20) pagi itu mengenakan pakaian olahraga hoki dari negaranya. Dalam kesempatan itu Martina juga menyuguhkan makanan khas dari Ceko, kartu pos , peta negara, serta display bir yang merupakan minuman tradisional dari negaranya. “Saya juga membawa bola untuk hoki. Sedangkan birnya cuma display, tidak untuk dikonsumsi,” ujarnya kemudian tersenyum, Sabtu (8/6).

Martina sangat senang mengikuti acara seperti ini. "Saya dapat bertemu orang-orang dari berbagai negara dalam satu tempat. Kita bisa mengenal dan memahami kebudayaan masing-masing,” ujarnya. Martina juga sangat menyukai budaya di Indonesia. Baginya masyarakat Indonesia sangat sopan dan ramah.

Seorang pengunjung Sam Poo Kong, Mutia Fauzia (21) asal Jakarta tampak menikamati makanan di stan mahasiswa negara Belanda. Ia mengaku makanan-makanan itu kurang familiar untuk lidah orang Indonesia, tapi ia mencobanya karena penasaran. “Snack ini rasanya seperti kreker yang ada di Indonesia. Saya tadi juga mampir di stan mahasiswa China dan lainnya, mencicipi makanannya. Makanan-makanan itu biasanya hanya ada di Starbuck,” ujarnya.

Panitia acara, Carla Ferlina, menuturkan ada 82 mahasiswa dari 32 negara yang mengikuti acara ini. Menurutnya para mahasiswa asing menampilkan perfoma dari masing-masing negara berupa game, tarian, menyanyi dan aneka kebudayaan lainnya. “Juga penampilan tari-tarian dan makanan khas Indonesia agar kita bisa saling mengenal kebudayaan masing-masing,” ujarnya.

Klenteng Sam Poo Kong dipilih sebagai lokasi acara karena Sam Poo Kong merupakan salah satu ikon tempat wisata di Kota Semarang. "Harapannya makin banyak wisatawan asing datang ke sini," jelasnya. (tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved