Breaking News:

Olimpiade Rio 2016

Ribuan Kursi Kosong Saat Pembukaan Olimpiade di Brazil Jadi Sorotan

Ribuan Kursi Kosong Saat Pembukaan Olimpiade di Brazil Jadi Sorotan

Editor: iswidodo
getty
OLIMPIADE 2016 DI BRAZIL 

TRIBUNJATENG.COM, RIO DE JANEIRO - Ajang olahraga paling akbar di dunia, olimpiade, dibuka di Stadion Maracana, Kota Rio De Janeiro, Brazil, Jumat (6/8) malam waktu setermpat atau Sabtu pagi waktu Indonesia bagian barat. Stadion Maracana berkapasitas 80 ribu orang namun terlihat ribuan kursi kosong di tempat itu.

Biaya pesta pembukaan olimpiade hanya 10 persen dari biaya acara serupa yaitu Olimpiade London 2012 lalu. Pesta olahraga tersebut juga diwarnai kemarahan massa terkait biaya yang dikeluarkan di tengah krisis ekonomi yang melanda Brazil dalam beberapa tahun terakhir.

Pemrotes melakukan aksi di luar stadion. Ditambah lagi dengan kehadiran Presiden Sementara Brazil, Michael Temer, yang memberi pidato pada pembukaan olimpade. Para demonstran terlibat bentrok dengan polisi yang menggunakan gas air mata.

Di dalam stadion, ribuan kursi tampak kosong dan tidak laku terjual hingga upacara pembukaan dimulai. Hanya 2/3 kursi yang terisi. Seorang presenter Brazil mengatakan,

"Ada sekira 60 ribu penonton bergabung bersama 3 miliar penonton televisi. Sekira 20 menit sebelum acara pembukaan dimulai, banyak kursi-kursi tersebut dikatakan sudah terjual habis namun masih tampak kosong."

Sebagian besar biaya pembukaan olimpiade dipakai untuk membayar teknologi tinggi permainan canggih sinar dan video. Selain itu stadion disulap menjadi hutan yang dibanjiri para penari tradisional Brazil yang mempertontonkan kesenian khas negeri itu.

Supermodel Brazilian Gisele Bundchen tampil di tengah stadion, memerankan dirinya sebagai gadis dari Ipanema. Begitu pula penyanyi rap usia 12 tahun dari Brazil, MC Soffia, ikut meramaikan pesta pembukaan.

Berbagai pendapat muncul terkait dengan acara pembukaan yang menelan biaya 3 juta dolar AS tersebut. Sebagian memuji upacara sederhana yang menyuguhkan budaya Brazil itu. Tetapi ada juga ada yang mengkritik acara pembukaan karena berlangsung membosankan, dibandingkan dengan acara serupa di Olimpiade London dan Olimpiade Beijing 2008.

"Acaranya membosankan, banyak kursi kosong dan klaim palsu. Ini acara pembukaan Olimpiade Rio atau pertandingan sepakbola?" ujar pengguna Twitter. Kirsten Haglund menambahkan, "Sedih memikirkan berapa banyak uang dihamburkan untuk acara yang membosankan ini."

Pujian buat Indonesia

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved