VIDEO Demo HMI Kudus Desak Bupati Musthofa Tes Darah dan Rambut Pastikan Bebas Narkoba

VIDEO Demo HMI Kudus Desak Bupati Musthofa Tes Darah dan Rambut Pastikan Bebas Narkoba, di depan Kantor Bupati Kudus, Selasa (9/8)

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Kudus, menggelar aksi demonstrasi di sekitar Alun-alun Simpangtujuh, tepatnya di depan Kantor Bupati Kudus, Selasa (9/8). Mereka mendesak agar Bupati Kudus, Musthofa, untuk melakukan tes darah atau tes rambut, guna memastikan diri bersih dari Narkoba.

"Bupati dan juga para pejabat di Kudus, baik eksekutif dan legislatif, harus memastikan diri bebas dari Narkoba," kata seorang peserta aksi, Siti Munawaroh, dalam orasinya.

Disampaikan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan status darurat Narkoba. Menurutu dia, seharusnya seluruh elemen dari aparatur negara, memerangi Narkoba. "Bukan malah terlibat penyalahgunaan Narkoba untuk dikonsumsi sendiri. Kita prihatin ada anggota DPRD Kudus yang ditangkap atas kasus Narkoba," ucapnya.

Sempat terjadi aksi saling dorong antara pengunjukrasa dengan Satpol PP Kudus. Musababnya, peserta aksi ingin memasuki halaman pendopo dan menerobos gerbang dan blokade yang dibuat petugas.

Demo HMI Kudus

Massa juga sempat membakar ban bekas di depan gerbang masuk. Sebelum api membesar, petugas Satpol PP dan kepolisian yang berjaga sigap memadamkannya. Gagal masuk pendopo, pengunjukrasa kemudian menggelar aksi teatrikal. Mereka menggambarkan bagaimana bobroknya negara, jika para aparaturnya justeru terlibat Narkoba. Di samping itu, terdapat aksi teatrikal aparat BNN yang menggunting rambut pejabat, sebagai lambang kesediaan untuk mengikuti tes rambut.

Kepala Satpol PP Kudus, Abdul Halil, mengatakan pihaknya tak melarang adanya aksi unjuk rasa. Asal dilakukan secara tertib dan tak ada kericuhan. Menurut dia, Bupati Kudus Musthofa tak bisa menemui pengunjukrasa lantaran ada agenda kedinasan yang tak dapat ditinggalkan. Perwakilan peserta aksi boleh masuk untuk melakukan audiensi, dengan Sekda Kudus Noor Yasin. (tribunjateng/yayan isro roziki)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved