Anggota DPRD Semarang Minta Disiapkan Petugas Khusus Pemantau Rob Banjir

Anggota DPRD Semarang Minta Disiapkan Petugas Khusus Pemantau Rob Banjir

Anggota DPRD Semarang Minta Disiapkan Petugas Khusus Pemantau Rob Banjir
TRIBUNJATENG/M SOFRI KURNIAWAN/dok
BANJIR ROB di Jalan Raya Kaligawe Semarang, 2016 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG-Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono meminta Pemkot Semarang menempatkan petugas khusus pemantauan rob dan banjir. Hal ini diperlukan agar rob dan banjir seperti di wilayah Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, segera tertangani.

Suharsono mengatakan jika adanya petugas khusus pemantauan bisa segera dilakukan penanganan apakah rob dan banjir akibat penurunan muka tanah atau ada sampah yang menyumbat saluran.

"Satuan tugas khusus ini memantau saluran-saluran untuk mengindikasi sumbatan-sumbatan. Kinerjanya berbeda dari penyapu jalan. Persoalan rob jelas memang penurunan muka tanah, juga terjadi endapan atau sampah yang menyumbat aliran," ujarnya, Senin (15/8).

Pemkot Semarang, kata Suharsono, perlu menerapkan Peraturan Daerah (perda) Nomor 6 tahun 2012 mengenai pengelolaan sampah. "Selama ini penegakan perda sampah belum optimal. Padahal sudah ada sejak empat tahun lalu. Kami akan panggil Dinas Kebersihan dan Pertamanan terkait kendala penegakan perda sampah," ujarnya.

Suharsono juga meminta Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk memantau kondisi kesehatan warga Mlatiharjo. Tergenang rob dan penumpukan sampah cukup lama bisa jadi sumber penyakit. "Perlu adanya keterlibatan banyak SKPD untuk memecahkan persoalan yang dihadapi masyarakat. Sehingga tahu persoalan dan membuat formulasi pemecahan masalah yang tepat, terutama persoalan rob dan sampah," ujarnya.

Terpisah, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam segi pembangunan. Salah satunya dapat dimulai dari hal terkecil yakni membersihkan lingkungan dari sampah dan tidak membuang sampah sembarangan. "Indonesia Kerja Nyata menjadi tema yang diinginkan Presiden RI dalam memaknai HUT kemerdekaan ke-71. Masyarakat dapat ikut memaknainya pula dengan hal sederhana, misal menjaga dan merawat lingkungan masing-masing. Kerja Nyata yakni menjaga lingkungan untuk semakin bersih, nyaman dan Hebat, khususnya di Kota Semarang," ujarnya.

Jika dilihat di beberapa selokan, kata Hendi, masih banyak sampah rumah tangga. Ini menunjukan jika tingkat kesadaran masyarakat masih rendah untuk menjaga lingkungan. (*)

Penulis: galih permadi
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved