Breaking News:

VIDEO Heboh Warga Menggali Kijing Miring di Permakaman Sukoharjo Temukan Benda Mengejutkan

VIDEO Heboh Warga Menggali Kijing Miring di Permakaman Sukoharjo Temukan Benda Mengejutkan

Penulis: suharno | Editor: iswidodo

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, heboh. Sejumlah warga menggali kijing miring (batu nisan miring) di permakaman setempat menemukan benda bersejarah yang diduga sebagai Yoni.

Pria bernama Wiyono Saputro (46) yang menemukan yoni atau benda yang biasanya diletakkan di bagian tengah candi Hindu dan digunakan untuk dasar penempatan lingga atau arca.
Wiyono menemukan benda mirip Yoni di area pemakaman umum Sraten, Pucangan, Kartasura, Minggu (14/8/2016) malam.

"Sebelum-sebelumnya saya pikir itu juga kijing (batu nisan makam) tetapi gak jejeg (tegak lurus) namun miring. Bentuknya juga beda dari kijing yang biasanya persegi panjang, kalau ini bentuknya segi empat," ujar Wiyono.

VIDEO PENEMUAN YONI

Setelah itu, akhirnya dia bercerita dengan kenalannya yang akhirnya mengatakan bahwa benda itu bukan kijing kuburan tetapi yoni lantaran memiliki sebuah lubang persegi di tengahnya.

Akhirnya setelah melakukan rapat kampung bersama warga lainnya, Wiyono dan warga menggali tanah dan memang ditemukan benda yang mirip dengan yoni. "Selain itu kami juga menemukan batu bata yang ukurannya lebih besar dari batu bata yang ada sekarang ini. Bahkan kalau dibanding bata tembok keraton lebih besar ini," jelasnya. (tribunjateng/suharno)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved