Ribuan Siswa di Kecamatan Bandungan Jahit Bendera Sepanjang 71 Meter

Di satu sisi kami senang karena bisa berkontribusi menyelenggarakan aksi nasionalisme, di sisi lain, kami pula pusing karena belum persiapan.

Ribuan Siswa di Kecamatan Bandungan Jahit Bendera Sepanjang 71 Meter
Sejumlah siswa menjahit kain merah dan putih sepanjang 71 meter di Lapangan Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu (17/8/2016) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN -- Ribuan siswa jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, secara bergantian menjahit bendera merah putih sepanjang 71 meter, di lapangan Jetis, Bandungan, Rabu (17/8/2016). Aksi itu diprakarsai Yayasan Pendidikan Islam Rifaiyah Al Mina.

Kepala Sekolah SMK Al Mina Bandungan, Nikma Lailatul Qodariyati menuturkan aksi itu disebutnya parade spontanitas. Maksudnya, ide menjahit bendera merah putih saat peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia itu, didapatnya dua hari jelang upacara peringatan dilaksanakan.

"Di satu sisi kami senang karena bisa berkontribusi menyelenggarakan aksi nasionalisme, di sisi lain, kami pula pusing karena belum persiapan. Dua hari sebelum gelar upacara tingkat kecamatan," katanya.

Nikma menyebut, makna dari aksi penjahitan kain merah putih itu merupakan simbol menghargai jasa para pahlawan, khususnya sang penjahit bendera pusaka Indonesia kali pertama, Fatmawati. Sedangkan penggunaan kain merah dan putih adalah simbol negara Indonesia.

"Kalau panjang kain yang mencapai 71 meter itu, sesuai dengan usia kemerdekaan Indonesia yang kini sudah 71 tahun," paparnya.

Dalam kesempatan serupa, Camat Bandungan, Nanang Saptyanto mengemukakan aksi tersebut sangat menarik perhatian para peserta upacara. Ia pula berharap, peringatan kemerdekaan tahun selanjutnya akan ada aksi serupa, bahkan lebih variatif.

"Kami ingin semua bisa menikmati kemerdekaan ini secara utuh. Baik melalui aksi-aksi nasionalisme, maupun aksi sosial, misalnya kerja bakti," ujarnya. (*)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved