Breaking News:

HUT RI ke 71

Tukang Becak dan Pengemis di Solo Ikut Upacara Kemerdekaan, Ini yang Mereka Dapat Sesudahnya

Sejumlah warga di Kota Solo merayakan hari kemerdekaam Indonesia yang ke 71, Kamis (17/8/2016)

Tribun Jateng/suharno
Para pengemis, tukang becak dan Supeltas di Solo dapatkan sedekah usai upacara hari kemerdekaan di Alun-alun Kidul. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sejumlah warga di Kota Solo merayakan hari kemerdekaam Indonesia yang ke 71, Kamis (17/8/2016).

Bahkan sejumlah tukang becak, pengemis hingga sukarelawan pengatur lalu-lintas (Supelatas) juga merayakan HUT negeri ini dengan mengikuti upacara bendera di Alun-alun Kidul (Alkid) Solo.

Serupa dengan upacara yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan, upacara di Alkid yang diselenggarakan oleh Gerakan Peduli Sedekah (GPS) Solo ini juga runtut tata caranya mulai pengibaran bendera, mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan hingga menyanyikan lagu nasional.

Sesuai upacara, para tukang becak, pengemis dan Supeltas yang mengenakan pakaian rapi menerima bingkisan dari GPS dengan tujuan dapat merayakan hari kemerdekaan bersama keluarga tercinta.

"Selain mengajak untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, kami juga ingin berbagi sedekah kepada kaum yang membutuhkan," ujar Ketua GPS, Sulis Setiawan yang mengatakan ada 33 kaum duafa di sekitar Alkid yang diundangnya.

Seorang tukang becak yang diundang untuk mengikuti upacara tersebut, Giyanto (61) mengatakan sudah lama dirinya tidak ikut upacara hari kemerdekaan.

"Mungkin terakhir saat saya masih kecil. Saya berterima kasih karena diundang untuk ikut upacara," ujar pria asal Sukoharjo yang setiap hari menarik becak di kawasan Pasar Gading.

Hal senada juga diutarakan oleh seorang pengemis, Kustini (57) yang mengaku senang bisa ikut memeriahkan hari jadi kemerdekaan Indonesia.

"Dapat uang tadi sehabis upacara. Nanti uangnya digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari," papar wanita yang seluruh rambutnya memutih. (*)

Penulis: suharno
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved