Breaking News:

Bupati Pemalang Sarankan Petani Tembakau Beralih Tanam Nanas

Bupati Pemalang, Junaedi mengatakan sejak wacana kenaikan harga rokok didengungkan, banyak petani tembakau yang mengadu ke dirinya untuk mengeluh.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: Catur waskito Edy
Bupati Pemalang Sarankan Petani Tembakau Beralih Tanam Nanas
http://www.boldsky.com
Nanas

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,PEMALANG -- Bupati Pemalang, Junaedi mengatakan sejak wacana kenaikan harga rokok didengungkan, banyak petani tembakau yang mengadu ke dirinya untuk mengeluh.

"Sejak kabar kenaikan itu tersiar, banyak petani tembakau mengeluh kepada saya tentang nasib mereka," kata Junaedi, Senin (22/8/2016).

Menurutnya, selaku kepala daerah, pihaknya akan mengikuti kebijakan nasional tersebut dengan catatan dapat berdampak positif dan membawa efektivitas di masyarakat luas.

Meskipun demikian, ia ingin pemerintah pusat meninjau kembali kebijakan tersebut. Melihat pendapatan negara dari pajak cukai rokok satu diantara penyumbang terbesar.

"Kami akan sikapi dengan bijak dan arif. Karena Pemalang merupakan daerah penghas tembakau dan cengkeh," ujarnya.

Oleh karena itu, ia ingin petani beralih menanam selain tembakau jika harga rokok jadi dinaikan. Junaedi menyarankan agar para petani menanam buah nanas.

"Jenis tanah di beberapa daerah di Pemalang yang ditanami tembakau, cocok untuk tanaman nanas. Saya harap petani beralih menanam nanas jika merasa dirugikan dengan kenaikan harga rokok," tandasnya.

Di Kabupaten Pemalang, ada beberapa daerah penghasil tembakau dan cengkeh. Antara lain di Kecamatan Pulosari, Mbelik, Nyelembeng, dan Watukumpul.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved