Otto Hasibuan Sebut Jessica Coffeemi Tidak Etis dan Melanggar Hak Cipta

Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, mengatakan, kopi berlabel "Jessica Coffeemix" yang bergambar wajah Jessisa

Otto Hasibuan Sebut Jessica Coffeemi Tidak Etis dan Melanggar Hak Cipta
Facebook
Kemasan kopi Jessica Coffemix buatan Haris G Bastian dari Surabaya, Jawa Timur. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, mengatakan, kopi berlabel "Jessica Coffeemix" yang bergambar wajah Jessisa merupakan pelanggaran Undang-undang Hak Cipta. Sebab, pembuat kopi tersebut tidak izin terlebih dahulu kepada pihak Jessica.

"Pertama, saya pikir enggak etis. Kedua, melanggar hukum karena setiap penggunaan gambar Jessica tanpa izin itu kan pasti melanggar Undang-Undang Hak Cipta," ujar Otto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/8/2016).

Otto menuturkan, penggunaan gambar siapa pun tanpa izin merupakan pelanggaran Undang-undang Hak Cipta. Hal tersebut merupakan tindakan pidana. Meski begitu, Otto menyebut belum melakukan upaya hukum apa pun mengenai hal tersebut.

Tim kuasa hukum akan berdiskusi terlebih dahulu dengan Jessica pada Rabu (24/8/2016) besok.

"Besok kita akan rundingkan dengan Jessica. Kami mau bertemu Jessica besok, kami akan tanya maunya gimana. Kalau dia ingin ya kami akan melakukan tindakan (hukum)," kata dia.

Kopi yang diproduksi warga Surabaya, Jawa Timur, Haris G Bastian, itu beredar di media sosial. Haris mengunggah gambar kemasan kopi tersebut ke akun Facebook-nya. Kemasan kopi itu bergambar wajah Jessica.

Selain itu, ada tulisan "Hai Ngopi Yuk" dan "Jangan lupa ajak teman2 yaa..." dalam dua kemasan yang berbeda. Kemasan tersebut juga dilengkapi tulisan "asli tanpa sianida".

Dalam akun Facebook-nya, Haris menyebut siap meminta maaf jika ada pihak yang tersakiti oleh produk kopi yang dibuatnya itu.

Pernyataan itu diunggah Haris pada Selasa sore tadi.

Berikut pernyataan Haris dalam Facebook-nya:

Kepada alm..MIRNA smg amal ibadah nya dtrima di sisi tuhan yg MAHA ESA.. kpada kluarga besar MIRNA.. sya trut bela sungkawa atas musibah yg ini.semoga di beri ketabahan.. Kepada JESSICA. Semoga di beri kesabaran dalam menghadai masalah nya saat ini..

*Dsini saya bersikap netral semoga doa dan harapan sya tidak ad yg merasa tersakiti dan di rugikan..amin..

* Pabila da yg tersakiti sya siap meminta maaf. (KOMPAS.com/Nursita Sari)

Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved