Sudah Hampir 80 Korban Tewas Gempa Bumi di Italia

Korban tewas akibat gempa bumi di Italia tengah telah mendekati 80 orang dan diperkirakan masih akan terus bertambah.

Sudah Hampir 80 Korban Tewas Gempa Bumi di Italia
Remo Casilli/Reuters
Seorang pria diselamatkan dari timbunan puing bangunan yang roboh akibat gempa pada Rabu (24/8/2016) dini hari di Amatrice, Italia tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, AMATRICE -- Korban tewas akibat gempa bumi di Italia tengah telah mendekati 80 orang dan diperkirakan masih akan terus bertambah.

Badan Perlindungan Sipil Italia, Rabu (24/8/2016), mengatakan, gempa bumi bermagnitudo 6,4 di Italia tengah telah menewaskan 73 orang, seperti dilaporkan Associated Press.

Kepala Badan Layanan Darurat, Immacolata Postiglione, memberi rinciannya dalam sebuah pertemuan pada Rabu siang, namun dia menekankan bahwa angka tersebut masih sementara.

Badan Perlindungan Sipil mengkoordinasi upaya penyelamatan, yang melibatkan ratusan relawan dari seluruh Italia dan bahkan Vatikan.

Tim penyelamat menyiapkan banyak tenda darurat untuk menampung para korban selamat. Ribuan orang telah kehilangan tempat tinggal mereka.

Vatikan pada Kamis (25/8/2016) pagi akan mengirim enam tim penyelamat ke wilayah Amatrice, yang telah porak-poranda akibat gempa.

Sebuah pernyataan Vatika menyebutkan, keputusan itu diambil sebagai "tanda simpati Paus Fransiskus kepada para korban gempa".

"Kini masih ada sejumlah orang yang tertimbun reruntuhan dan masih hilang," kata Postiglione.

Gempa Rabu pagi ini tercatat berkekuatan 6.4 pada skala Richter mengguncang Italia tengah, di dekat kota Perugia. Demikian data US Geological Survey (USGS).

Menurut USGS, gempa tersebut berpusat di 76 km tenggara Perugia, terjadi pukul Rabu pukul 03:36 waktu setempat (08.36 WIB) dan terasa hingga Roma.

Menurut USGS, gempa itu termasuk dangkal dengan kedalaman pusat gempa hanya 10 kilometer.

Editor : Pascal S Bin Saju

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved