Breaking News:

Dekranasda Kota Semarang Raih Dekranasda Award tahun 2016

Tia, sapaan akrab Kriseptiana mengatakan penghargaan yang diperoleh dari Kategori Pesona Produk Kriya.

Penulis: galih permadi | Editor: rustam aji
tribun jateng/galih permadi
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda ) Kota Semarang memperoleh penghargaan Dekranasda Award Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2016. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda ) Kota Semarang memperoleh penghargaan Dekranasda Award Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2016. Penyerahan penghargaan diberikan Ketua Dekranasd Jateng, Atikoh Ganjar Pranowo di dampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kepada Ketua Dekranasda Kota Semarang, Kiseptiana Hendrar Prihadi saat Dekranasda Carnival HUT ke-66 Jawa Tengah di alun-alun Magelang, Sabtu (27/8).

Tia, sapaan akrab Kriseptiana mengatakan penghargaan yang diperoleh dari Kategori Pesona Produk Kriya. "Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak warga Kota Semarang. Dekranasda Kota Semarang, para stakeholder, UKM, perajin seni, kerajinan serta masyarakat selaku konsumen. Dekranasda Kota Semarang sangat mensyukuri semua yang telah diraih serta kedepannya berharap bisa lebih baik lagi," ujarnya dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Minggu (28/8).

Dengan diraihnya Dekranasda Award 2016 ini, lanjut Tia, Kota Semarang ini akan terus menggali lagi semua bentuk kerajinan khas daerah yang bisa ditonjolkan. " Saya akan terus memotivasi agar pengrajin meningkatkan kualitas produk seni dan kerajinan. Memperhatikan dan pandai membaca permintaan pasar serta berinovasi agar produk-produk kerajinan yang dihasilkan bisa menjadi yang terbaik. Tidak hanya di lingkup regional saja tapi juga menembus nasional bahkan pasar internasional," ujarnya.

Tia meminta perajin maupun pengusaha harus lebih membuka diri agar produk-produk tersebut dapat dipasarkan secara luas. "Dirinya juga mengajak masyarakat membantu mempromosikan produk kerajinan Kota Semarang, mengingat industri kreatif selain mempunyai pasar yang luas juga mampu menciptakan lapangan kerja mandiri," ujarnya.

Sementara itu , Atikoh menyampaikan Dekranasda Carnival diselenggarakan untuk memunculkan kreativitas masyrakat Jawa Tengah. "Tujuannya agar produk-produk unggulannya semakin dikenal , terutama batik agar lebih fasionable," ujarnya.

Disamping menyelenggarakan Dekranasda Carnival, Dekranasda Provinsi Jawa Tengah juga menyelenggarakan lomba desain batik. Adapun untuk lomba desain motif batik kategori umum, juara pertama dimenangkan oleh Joko Sunarto dari Kota Semarang.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved