Pemkot Semarang Bendung Muara Kali Banger untuk Atasi Rob dan Banjir

Hendi mengatakan pembendungan muara kali Banger dilakukan untuk penanganan sementara rob dan banjir di wilayah timur.

Pemkot Semarang Bendung Muara Kali Banger untuk Atasi Rob dan Banjir
tribunjateng/putut dwi putranto/DOK
Banjir rob 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi beserta rombongan menuju proyek pembangunan bendungan di muara Kali Banger di Kampung Tambakrejo, Kecamatan Semarang Utara. Proyek dilakukan secara swakelola dengan anggaran sekitar Rp 200 juta.

Hendi mengatakan pembendungan muara kali Banger dilakukan untuk penanganan sementara rob dan banjir di wilayah timur.

"Ketika air pasang air laut tinggi bendungan menutup air laut masuk ke aliran sungai Banger sehingga tidak menyebabkan rob di kawasan Bugangan, Citarum, dan Bubakan. Sebaliknya air dari sungai banger akan dipompa melalui rumah pompa banger. Ini swakelola sebagai langkah cepat agar dirasakan masyarakat. Tiga-empat hari sudah bisa tertutup," ujarnya.

Ketika bendungan sudah dikerjakan maka proses penurunan air di Kali Banger akan cepat turun apalagi ditambah dengan kekuatan lima pompa di rumah Pompa Banger.

"Saya telepon semalam (Minggu malam) di Mlatibaru, Mlatiharjo, dan Bugangan yang ada di sepanjang Sungai Banger airnya turun 30 centimeter dalam pengoperasian pompa selama dua jam. Itu belum ada bendungan. Jika sudah ada bendungan akan lebih maksimal," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 5 RW 16 Kampung Tambakrejo, Edi Saktiono mengapresiasi langkah Pemkot Semarang untuk menanggulangi rob dan banjir di wilayahnya.

Ia berharap bendungan bisa memutus air pasang air laut. "Karena belum jadi belum bisa dirasakan fungsinya. Saya berharap tidak hanya di sini saja bendungannya, tapi juga di sebelahnya karena rob sering masuk ke warga lewat sebelahnya," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air dan Energi Sumberdaya Mineral (PSDA dan ESDM) Kota Semarang, Agus Riyanto mengatakanbendungan muara kali banger akan dibangun setinggi dua meter dengan akses tapak sekitar 50 sentimeter.

"Proses pengerjaan 18 hari dan minggu depan sudah selesai. Kalau ini sudah ditutup dan ditambah pompa, jika terjadi kenaikan air pasang bisa menurunkan air 30 sentimeter dalam satu jam," ujarnya.(*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved