Perhimpunan Rumah Sakit Jateng akan Gelar Hospital Expo Hotel Patra Jasa Semarang

Perhimpunan Rumah Sakit Jateng akan Gelar Hospital Expo Hotel Patra Jasa Semarang

Perhimpunan Rumah Sakit Jateng akan Gelar Hospital Expo Hotel Patra Jasa Semarang
tribunjateng/galih permadi/dok
Proses pembangunan fasilitas president suite VVIP di Rumah Sakit Ketileng atau RSUD Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Tengah akan menyelenggarakan kegiatan Hospital Expo, di Hotel Patra Jasa Semarang, mulai Selasa (30/8) sampai Rabu (31/8) mendatang. Dalam acara tersebut juga akan dimeriahkan dengan kegiatan seminar serta talkshow.

Ketua Kompartemen Standarisasi Rumah Sakit Persi Jateng, dr Daniel Budi Wibowo mengatakan, sebanyak 37 peserta akan mengikuti event tersebut. Mereka berasal dari para pemilik dan pemerhati rumah sakit serta distributor alat kesehatan.

Pada kegaiatan tersebut juga akan diselenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Persi Jateng dengan peserta Direktur dan Ketua Komite Medik Rumah Sakit anggota Persi Jateng. Selain itu, juga akan diadakan seminar nasional "Standar Fasilitas dan Arsitektur Rumah Sakit''.

Dikatakannya, tema yang diambil dalam seminar tersebut menjawab persoalan masih banyaknya pemilik rumah sakit atau pengelola yang kurang paham mengenai persyaratan standar fasilitas rumah sakit. Seperti misalnya, kamar operasi, ruang gawat darurat, ruang isolasi, ruang intensif dan lain-lain. ''Ini penting karena terciptanya standar fasilitas yang benar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi pasien,'' katanya.

Dalam seminar itu, membahas pula izin pendirian, perpanjangan dan operasional rumah sakit serta pengurusan perizinan peralatan yang mengandung radiasi. Selain itu, akan digelar juga talkshow mengenai ''Dilema Etika dalam Pemenuhan Hak Pasien dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit''.

Dalam talkshow tersebut akan mengungkapkan permasalahan dunia kesehatan yang selama ini menarik perhatian masyarakat. Seperti, kasus vaksin palsu serta implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada 1 Januari 2014 lalu.

Acara juga akan dihadiri Ketua Persi Jateng dr Bambang Wibowo yang juga menjabat Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Ketua Umum Persi Pusat dr Kuntjoro Adi Purjanto dan para direktur Rumah Sakit. "Diharapkan dengan talkshow tersebut, pelaku tenaga kesehatan dapat meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan bagi pasien, meningkatkan pemahaman tentang hukum dan etik rumah sakit serta membantu meningkatkan kemampuan peserta dalam menghadapi sengketa medis," kata Daniel.

Diketahui, Persi merupakan perhimpunan rumah sakit baik itu rumah sakit swasta maupun rumah sakit milik pemerintah. Selama ini Persi ikut terlibat aktif dalam mengedukasi pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya melalui penyelenggarakan seminar dan talkshow. (tribunjateng/wan)

Penulis: hermawan Endra
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved