350 Siswa SMP-SMA Hidayatullah Ikuti Manasik Haji

Sekitar 350 siswa sudah melakukan persiapan sejak pukul 7 untuk membaca niat niat

350 Siswa SMP-SMA Hidayatullah Ikuti Manasik Haji
Tribun Jateng/rival al manaf
Manasik Haji 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - SMP dan SMA Islam Hidayatullah Semarang menggelar kegiatan manasik haji yang diselenggarakan di halaman sekolah Jalan Cemara Raya Nomor 290, Banyumanik, Semarang, Sabtu (3/9/2016). Kegiatan itu diikuti ratusan siswa kelas 8 SMP dan kelas 10.

Seluruh siswa laki-laki memakai ihram putih, dan siswa perempuan mengenakan pakaian yang menutupi aurat berwarna putih mengikuti kegiatan yang digelar sejak pukul 7 pagi. Ketua Panitia Kegiatan, Lutfiyatin Inayah, menjelaskan praktik manasik adalah bentuk pembelajaran diluar kelas yang merupakan perwujudan materi pelajaran fikih.

"Tujuannya agar siswa-siswi memahami betul kaidah dan tata cara berhaji juga memahamkan mereka terhadap kisah nabi-nabi terdahulu yang diabadikan dalam ibadah haji ini. oleh karena itu memang manasik yang kami lakukan dibuat sedetail mungkin menyerupai ibadah haji," terang Lutfiyatin kepada Tribun Jateng.

Sekitar 350 siswa sudah melakukan persiapan sejak pukul 7 untuk membaca niat niat. Kemudian menuju Arafah yang berlokasi di lapangan parkir SMA Hidayatullah, disana mereka wukuf, dan mendengarkan khotbah arafah. Setelah itu menuju Mina untuk melempar jumrah dan langsung menuju Masjidil Haram melakukan Thawaf dan dilanjutkan Sya'i.

"Praktis semua dipraktikan hari ini, harapannya mereka memahami betul dan kedepan jika berkesempatan beribadah haji mampu melakukannya dengan benar. Karena memang putra-putri kami kebanyakan kalau liburan orang tuanya banyak yang mengajak ke Mekah untuk umroh," pungkas Lutfiyatin. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved