Keluarga Putra Putri Polri Dukung Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Keluarga Putra Putri Polri Dukung Budi Gunawan Jadi Kepala BIN, yang telah diajuka Presiden gantikan posisi Sutiyoso

Penulis: suharno | Editor: iswidodo
tribunjateng/dok
KOMJEN BUDI GUNAWAN WAKAPOLRI 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Keluarga Besar Putra Putri Polri (KB-PP Polri) Jawa Tengah menyatakan mendukung keputusan Presiden Joko Widodo, yang mengajukan Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Menurut Ketua Pimpinan Daerah KB-PP Polri Jawa Tengah, Sasmito, BG layak menduduki jabatan tersebut karena memiliki pengalaman selama menjadi perwira tinggi Polri. Pengalaman dan intelektualitas Budi selama berkarier di kepolisian dinilai tidak perlu diragukan.

"Pak BG sangat pantas untuk pos Ka BIN. Kami dari pimpinan daerah KB-PP Polri Jateng dan 35 pimpinan resort KB-PP Polri se Jateng mendukung penuh keputusan Pak Jokowi yang mengusulkan Pak BG jadi Kepala BIN," kata Sasmito melalui siaran persnya, Senin (5/9/2016).

Menurutnya, Presiden Joko Widodo pasti telah memiliki pertimbangan sebelum mengajukan nama Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

Sasmito yakin BG akan mampu mengatasi persoalan yang mengancam bangsa dan negara. Misalnya, terorisme, begitu pula cyber crime dan narkoba yang dinilai mengancam kerukunan bangsa dan negara.

"Pak BG mampu membangun komunikasi dengan institusi lain, sehingga deteksi dini terhadap berbagai ancaman bangsa dapat teratasi dengan baik," ujarnya.

Mengenai pro kontra sosok BG, terutama saat dicalonkan sebagai Kepala Polri namun ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, menurut Sasmito, persoalan itu sudah tuntas dan clear.

"Apa yang menjadi polemik pada waktu itu sudah selesai dan clear. Terbukti, gugatan praperadilan yang diajukan atas statusnya itu juga dimenangkan oleh pengadilan," katanya.

Seperti diketahui, DPR telah menerima usulan Presiden mengenai pergantian Kepala BIN. Jika tak ada hambatan, proses uji kepatutan dan kelayakan calon Kepala BIN akan dilangsungkan Rabu (7/9/2016) di Komisi I DPR RI.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved