Ratusan Siswa SMAN 1 Kendal Belajar Bela Negara di Akmil Magelang

Ratusan Siswa SMAN 1 Kendal Belajar Bela Negara di Akmil Magelang selama dua hari.

Penulis: ponco wiyono | Editor: iswidodo

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - SMA Negeri 1 Kendal ‎mengirimkan 405 siswanya dalam kegiatan Studi Inspirasi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari, Kamis hingga Jumat (2/9/2016).

Kepala SMAN 1 Kendal, Sunarto, mengatakan, kegiatan ini diharapkan memberi inspirasi bagi siswa terkait wawasan kebangsaan dan bisa berkontribusi pada bangsa.

Dipilihnya Akmil Magelang ini, menurut Sunarto, adalah karena Akademi Militer telah mencetak perwira-perwira tinggi, termasuk SBY yang pernah menjadi Presiden.

"29 tahun ke depan anak-anak ini telah berusia 44 atau 45 tahun. Bertepatan dengan usia RI yang ke 100, diharapkan mereka bisa menjadi pemimpin bangsa karena terinspirasi dalam program ini," katanya, Senin (5/9/2016).

Selama di Akmil, siswa kelas X itu menyaksikan secara langsung lingkungan Akmil, melihat proses pendidikan, dan turut mengikuti kegiatan di Akmil. "Siswa diberi materi tentang wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, pornografi dan penanaman ideologi agar tidak tergoda dengan ideologi yang tidak sesuai dengan semangat kebangsan," jelasnya.

Nidia Putri, salah satu siswi yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku merasakan perubahan sikap selama berkegiatan di Akmil. Nidia merasa lebih disiplin dan teratur, karena di sana semua kegiatan diatur tepat waktu. Ia pun jadi semakin tahu akan bahaya narkoba dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

"Cuma dua hari tapi berkesan, sebab ada outbound bersama anggota TNI juga dan diajak meninjau kawasan Gunung Tidar," akunya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved