Biar Anak Tumbuh Tinggi Coba deh Kasih Sayuran dan Makanan Ini

Meski unsur genetik menjadi faktor utama dalam pertumbuhan tubuh seseorang, namun makanan dapat berperan dalam membantu meningkatkan tinggi badan.

Biar Anak Tumbuh Tinggi Coba deh Kasih Sayuran dan Makanan Ini
tribunjateng/dok
Meski unsur genetik menjadi faktor utama dalam pertumbuhan tubuh seseorang, namun makanan dapat berperan dalam membantu meningkatkan tinggi badan. 

TRIBUNJATENG.COM - Meski unsur genetik menjadi faktor utama dalam pertumbuhan tubuh seseorang, namun makanan dapat berperan dalam membantu meningkatkan tinggi badan.

Orangtua harus melakukan proses ini sejak anak berusia dini agar mendapatkan peluang yang lebih besar. Jadi, bila ingin anak tumbuh tinggi, coba berikan beberapa asupan berikut ini.

1. Bayam. Mengonsumsi sayuran hijau satu ini akan baik untuk pertumbuhan tinggi badan serta kekuatan tubuh, karena mereka mengandung banyak zat besi dan kalsium.

2. Wortel. Selain baik bagi penglihatan, kandungan vitamin A di dalam wortel juga baik untuk sintesis protein di dalam tubuh, yang kemudian akan membantu pertumbuhan tinggi badan. Bila anak tidak suka mengonsumsinya mentah, pilihannya adalah dengan membuatkannya jus segar.

3. Telur. Telur adalah asupan yang tinggi akan protein, dimana protein di dalam tubuh sangat penting bagi pertumbuhan. Ada banyak cara menyajikan telur, mulai dari direbus, digoreng, diorak-arik, dan sebagainya.

4. Oatmeal. Ini juga menjadi asupan yang rendah lemak dan tinggi protein. Oatmeal biasanya menjadi pilihan banyak orang dalam sehari-hari sebagai sarapan. Orangtua dapat menyajikan hidangan menarik dari oatmeal ditambah dengan berbagai varian rasa pada oatmeal.

5. Kedelai hitam. Secara umum, segala kedelai baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Namun, kedelai hitam memiliki jumlah protein yang paling tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tinggi badan.

6. Susu. Mengonsumsi susu setiap hari adalah penting bagi anak-anak. Tidak hanya sebagai sumber kalsium, namun juga membantu sintesis protein di dalam tubuh. Susu dan produk susu, seperti yoghurt dan keju, juga dapat menjadi pilihan baik.

7. Ayam. Kebanyakan anak-anak menyukai ayam. Dan, ada berbagai jenis masakan yang bisa dihidangkan untuk anak, mulai dari digoreng hingga dibuatkan salad. Ayam juga merupakan sumber protein yag dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan tubuh.

8. Buah-buahan. Semua jenis buah, khususnya yang memiliki vitamin A, seperti peach dan mangga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Terapkan kebiasaan mengonsumsi buah-buahan sejak usia dini pada anak. (intisari/magforwomen.com)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved