Pria Italia Berdasar Survei Paling Malas Bersih-bersih Rumah

Studi menemukan bahwa wanita masih menghabiskan waktu lebih banyak dalam mengurus dan membersihkan rumah.

Pria Italia Berdasar Survei Paling Malas Bersih-bersih Rumah
Thinkstockphotos/kompas.com

TRIBUNJATENG.COM – Studi terbaru dari Oxford University mengungkapkan mengenai perkembangan keseteraan jender dengan cara mengumpulkan data kolektif dari sejumlah negara mengenai pembagian tugas domestik rumah tangga.

Studi menemukan bahwa wanita masih menghabiskan waktu lebih banyak dalam mengurus dan membersihkan rumah.

Namun, laporan studi memperlihatkan, adanya peningkatkan durasi dari kaum pria melakukan tugas domestik untuk meringankan pekerjaan istri.

“Secara umum terlihat adanya pergerakan positif mengenai kesetaraan jender. Ada perbedaan signifikan dan laju konvergensi,” ujar Evrim Altintas dan Oriel Sullivan, Penulis Studi dari Oxford.

Penelitian menggunakan data statistik dari tahun 1990 yang mencatat pembagian serta perbedaan jumlah waktu pria dan wanita dalam mengerjakan tugas rumahtangga.

Pekerjaan rumahtangga termasuk membersihkan, memasak, mencuci, dan menyetrika.

Hasilnya, pria Norwegia paling ringan tangan dalam membersihkan rumah, mereka menyumbangkan waktu 72 menit dalam satu hari.

Kemudian, studi mengungkapkan bahwa pada peringkat pertama ada pria Denmark yang paling rajin membantu tugas domestik. Selanjutnya, pada peringkat kedua dan ketiga adalah pria Kanada dan Amerika Serikat.

Lalu, studi memperlihatkan, pria paling malas dalam mengerjakan tugas domestik adalah pria Italia.

Di Italia, nyaris seluruh pekerjaan rumahtangga dilakukan oleh wanita. Pria Italia hanya memberikan waktu 38 menit per hari untuk membantu tugas domestik. (Kontributor Female, Rakhma, sumber : motto.time.com)

Editor: rustam aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved