Ki Enthus Susmono Pentaskan Lakon "Bima Suci" Hibur Warga Kota Salatiga

Lebih dari 300 warga Salatiga memadati lapangan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah (PPTI) Al-Falah, Salatiga.

Ki Enthus Susmono Pentaskan Lakon
ISTIMEWA
Ki Enthus Susmono memainkan wayang dengan lakon Bima Suci di lapangan PPTI Al-Falah, Salatiga, kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lebih dari 300 warga Salatiga memadati lapangan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah (PPTI) Al-Falah, Salatiga. Mereka menyaksikan pagelaran wayang kulit yang dimainkan dalang Ki Enthus Susmono.

Pertunjukan wayang dengan lakon "Bima Suci" itu merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan pengasuh PPTI Al-Falah Salatiga.

Dalam ceritanya, sang dalang, Ki Enthus Susmono mengisahkan, perenungan mendalam tentang asal dan tujuan hidup manusia dan menjawab kerinduan hidup dalam perjalanan rohani orang Jawa untuk bersatu dengan Tuhan.

Banyak nasihat yang dapat diambil dari lakon tersebut, di antaranya menjadi petinggi banyak cobaan dan godaan yang dihadapi, sehingga harus waspada.

Selama pertunjukan yang berlangsung selama sekitar 7 jam tersebut, penonton dibuat terpingkal-pingkal dengan kehadiran sinden Yati Pesek yang melontarkan banyolan-banyolannya.

Pagelaran wayang ini diadakan untuk menyampaikan informasi kebijakan negara dan pemerintah. Penyampaian kebijakan tersebut dilakukan oleh anggota DPR-RI Komisi I Tuti N Roosdiono dan Dirjen IKP Kementerian Kominfo.

"Dengan cara ini, maka informasi tersebut lebih cepat tersebar melalui warga yang hadir menyaksikan pagelaran," kata Direktur Jendral IKP Kementerian Kominfo, Niken Widiastuti, dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Senin (19/9/2016).

Pertunjukan wayang kulit ini termasuk dalam rangkaian acara yang diadakan Kemenkominfo bekerjasama dengan Pemerintah Kota Salatiga dengan tema "meneguhkan pesantren sebagai pilar pendidik karakter bangsa".

Turut hadir dalam pagelaran tersebut Anggota DPR-RI Komisi I yang juga Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto, Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Kusriyanto, Direktur Jendral IKP Kementrian Kominfo Niken Widiastuti, Ketua DPRD Salatiga Teddy Sulistyo, PJ Walikota Salatiga Agus Rudyanto.

"Sebelumnya pagelaran, dilangsungkan acara dialog publik yang membahas pentingnya peran pesantren dalam membentuk karakter pemuda yang spiritual, bermoral, bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan manjaga kedamaian," tandasnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved