Penyaluran KUR Kian Agresif, BCA Kaji Skema Channeling

Pemerintah cukup serius dalam memacu usaha kerakyatan, lewat dorongannya terhadap penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Penyaluran KUR Kian Agresif, BCA Kaji Skema Channeling
tribunjateng/dok
BCA Berikan Beasiswa Rp 4,5 Miliar kepada 16 PTN di Indonesia 

 TRIBUNJATENG.COM - Pemerintah cukup serius dalam memacu usaha kerakyatan, lewat dorongannya terhadap penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Kredit program itupun tampaknya bakal terus melaju, dengan bertambahnya lembaga penyalur.

Seperti diketahui, pada awal September 2016 lalu pemerintah menunjuk tambahan 12 bank dan lembaga keuangan non-bank untuk penyalur KUR demi mencapai target serapan dana KUR sebesar Rp 100 triliun-Rp 120 triliun pada tahun ini.

Data Kementerian Koperasi dan UKM mencatat penyaluran KUR selama delapan bulan mencapai Rp 67,2 triliun. Bank Rakyat Indonesia (BRI) masih mendominasi penyaluran KUR nasional, disusul Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Bank penyalur KUR terbaru antara lain adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang mendapat jatah sebesar Rp 500 miliar pada tahun ini.

Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian dalam penyaluran jatah itu.

Sejauh ini, bank yang terafilisasi dengan Grup Djarum itu berencana melakukan channeling dengan nasabah korporasi BCA guna memanfaatkan momentum ini.

“Kami masih akan salurkan ke nasabah korporasi yang punya jaringan bisnis untuk penyaluran KUR,” jelasnya, Senin (19/9).

Rencananya, jika kondisi perekonomian sudah membaik, BCA akan menyasar BPR (Bank Perkreditan Rakyat) serta BPD (Bank Pembangunan Daerah).

Untuk saat ini, Jahja menuturkan, banyak BPR yang menghadapi masalah dalam penyaluran KUR. Sebab, masyarakat lebih memilih untuk mengambil kredit di bank besar dibandingkan dengan BPR.

Halaman
12
Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved